PENINGKATAN SELF ESTEEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RALLY ROBBIN DAN FAN-N-PICK

Putri Yunisda Mawarni, Budi Eko Soetjipto, Cholis Sa’dijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self esteem  dapat ditingkatkan melalui model kooperatif Rally Robbin dan Fan-N-Pick pada materi sejarah peradaban Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus dengan subjek kelas V SDN Purwantoro 8 Malang yang berjumlah 47 siswa. Berdasarkan hasil analisis angket self esteem  siswa, observasi belajar IPS terhadap peningkatan self esteem  siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model Rally Robbin dan Fan-N-Pick. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data: 1) persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I ke siklus II sebesar 67,78% menjadi 80,40% dengan kategori baik sekali, 2) persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 65,12% menjadi 79,67%, 3) hasil observasi self esteem  mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar  73,70% menjadi 85,34 % dengan kategori baik sekali, (2) data hasil angket self esteem  siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 67,31% menjadi 72,63% dengan kategori baik. Berdasarkan data asil observasi self esteem, data hasil angket self esteem  dapat disimpulkan bahwa self esteem  siswa meningkat setelah belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rally Robbin dan Fan-NPick

Keywords


self esteem; rally robbin; fan-n-pick; IPS

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). (hal. 8) Yogjakarta: CV. Cipta Media. Ariani, N.F., Cholis Sa’jidah., Subanji. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Pecahan Sederhana Kelas III SD. (hal. 608-615). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 diakses 14 April 2016 dari http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Prosiding-SemnasDikdas-2016.pdf Bali, M.M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Fan N Pick Dan Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS” pada siswa kelas IV di SDN Mergosono I Malang.. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Chen, H., Huang, C. (2016). Japanese EFL Students’ Reading Test Performance and Perceptions of Working in Small Groups in Highly-Structured Cooperative Learning Activities. Tokyo Jalt Journal, Issue 3 (14-23). diakses 25 Oktober 2016 dari http://www.tokyojalt.org/uploads/9/3/6/9/9369653/tokyojalt_journal_2016 .pdf

Frianto., Soetjipto,B.E., Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Team Game Tournament And Fan-N-Pick To Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcomes. 16 (7). IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), Volume 21, Issue 5, Ver. 7 ( 74-81) diakses 25 Oktober 2016 dari http://iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol.%2021%20Issue5/Version-7/I02105077481.pdf Hakim. A.R. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Dan Harga Diri (Self esteem ) melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Fan-N-Pick dan Team Game Tournament. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Indiyantika, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Rally Coach Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPS Studi Pada Siswa Kelas IV SDN Kebon Agung Kabupaten Malang. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Kagan, S.& Kagan. M. (2009). Kagan, Cooperative Learning, San Clemente: Kagan Publishing. Lestari.L.P.S. (2013). Keefektifan Pelatihan Metode Self –Intruction Dalam Meningkatkan Self esteem Siswa SMA.. Malang: Universitas Negeri Malang. Plummer, D.M. 2007.Self-Esteem Games For Children. London: Jessica Kingsley Publishers. Riyadi, A., Soetjipto, B.E., Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on The Draw To Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. ). IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), Volume 21, Issue 4, Ver. I (PP 90-96) diakses 25 Oktober 2016 dari http://www.iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol.%2021%20Issue4/Version-1/L2104019096.pdf) Slagle, (2007). The Use Of Cooperative Learning To Promote Academic Achievement, Self esteem , And Inter Group Relations In A High School Social Studies Class. Defiance College diakses 26 Oktober 2016 dari https://etd.ohiolink.edu/!etd.send_file?accession=def1281640461&disposit ion=inline Slavin, R.E., Cooper, R. (1999). Improving Intergroup Relations : Lessons, Learned From Cooperative Learning Programs. Journal of Social Issues. Soetjipto, B.E. (2010). Pembelajaran Kooperatif dan Beberapa Hasil Penelitian Ekonomi Dan Manajemen. Malang: Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Syafitri, E.M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Dan Self esteem Siswa Ada Mata Pelajaran Pelayanan Kepada Pelanggan Melalui Peneraan Kolaborasi Model Pembelajaran Fan N Pick Dengan Carousel Feedback.. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Syah, M. (2010) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.