MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FAN-N-PICK PADA MATA PELAJARAN IPS SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. 2005. Collaborative Learning Techniques: Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Terjemahan Narulita Yusron. 2016. Bandung: Nusa Media. Frianto. Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Team Game Tournament and Fan N Pick To Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcomes. IOSR Journal Of Humanities And Social Science Volume 21, Issue 5, Ver 7. (Online). (http://iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol.%2021%20Issue5/Version7/I02105077481.pdf) diakses pada 10 Oktober 2016. Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hakim, A. R. 2014. Peningkatan Hasil Belajar dan Harga Diri (Self Esteem) melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Fan-N-Pick dan Team Game Tournament Pada Siswa Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Hanurawan, F. & Soetjipto, B. E. 2009. Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Pembelajaran PKn SD/MI melalui Berbagai Model Cooperative Learning. (http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/viewFile/553/345) diakses pada 12 April 2017. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media and technologies for learning-7th ed. New Jersey. Merrill Prentice Hall. Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press. Isjoni. 2016. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing. Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Cetakan II. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Marlina, L. Soetjipto, B. E., & Hadi, S. 2016. The Implementation of Rally Coach and Find Someone Who Models To Enhance Social Skills and Social Studies Learning Outcomes. IOSR Journal Of Research & Method in Education Volume 6, Issue 3, Ver 1. (Online). (http://www.iosrjournals.org/iosrjrme/papers/Vol-6%20Issue-3/Version-1/L0603018692.pdf) diakses pada 10 Oktober 2016. Nurhaniyah, B., Soetjipto, B. E., & Hanurawan, F. 2015. The Implementation of Collaborative Learning Model Find Someone Who and Flashcard Game to Enhance Social Syudies Learning Motivation for the Fifth Grade Students. Journal of Education and Practice, (Online), Vol. 6, No. 17, (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1079791.pdf), diakses 2 Oktober 2016.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Riyadi, A. Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on The Draw to Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), (Online), Volume 21, Issue 4, Ver. I, (http://www.iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol.%2021%20Issue4/Version-1/L2104019096.pdf), diakses 2 Oktober 2016. Ruminiati. 2010. Implikasi Teori Sosiobiologis danBudaya Patriarkhi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Berbasis Gender. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan/IPS SD pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Makalah disajikan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang (UM), Malang, 6 Juli 2010. Sapriya. 2016. Pendidikan IPS: Konsep Dasar dan Pembelajaran. Cetakan VI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Slavin, R. E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media. Sumardi, L. 2012. Revitalisasi Pembelajaran IPS di SD sebagai Upaya Menciptakan Peserta Didik yang Berkarakter. Jurnal Socia, (Online), Vol. 11, No. 2, (journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/3602/3081), diakses 29 Oktober 2016. Susanto, A. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Vaz, S., Parsons, R., Passmore, A. E., Andreou, P. & Falkmer, T. 2013. Internal Consistency, Test-Retest Reliability and Measurement Error of the SelfReport Version of the Social Skills Rating System in a Sample of Australian Adolescents. Plos One, (Online), Volume 8, Issue 9, (http://donpugh.com/Psych%20Interests/SOCIAL%20SKILLS%20TRAIN ING/Social%20Skills%20Assessment%20and%20Intervention%20with.pd f), diakses 20 Oktober 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.