ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA BATU

Nawang Sulistyani, Sa’dun Akbar, Cholis Sa’dijah

Abstract


Pendidikan yang diperoleh pada jenjang sekolah dasar merupakan pondasi awal yang mempengaruhi pendidikan anak pada jenjang selanjutnya. Sebagai pendidik, guru berperan serta dalam pemahaman konsep yang diperoleh anak. Pemerolehan konsep tersebut tidak hanya pada pemahaman materi pelajaran tetapi juga mengenal budaya lokal daerahnya. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penggunaan, kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menggunakan bahan ajar untuk kelas IV SD di Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya draft buku pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kota Batu sebagai hasil kajian fenomena di lapangan dan teori tentang pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Sehingga akan tersusun bahan ajar berbasis kearifan lokal Kota Batu untuk kelas IV SD yang valid, menarik praktis, dan efektif.

Keywords


Bahan Ajar; Kearifan Lokal; Kota Batu

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Revitalisasi Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan dengan Pendekatan Komprehenshif. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter Bangsa, STKIP PGRI Nganjuk, pada tanggal 7 Maret 2013. Anggraini, Purwati., Kusniarti, Tuti. 2015. The Insertion of Local Wisdom into Instructional Materials of Bahasa Indonesia for 10th Grade Students in Senior High School. Journal of Education and Practice, 6 (33): 89-92. Castagno, A.E., Brayboy, M.J.B. 2008. Culturally Responsive Schooling for Indegenous Youth: A Review of Literature, dalam Review of eduxcational Research. 78 (4): 941-993. Fatimah, Siti Soenaryo., Worowirastri, Dyah Ekowati., & Yayuk, Erna. 2016. The Implementation of Sinau Wisata Based on Potential Local Excellence in the thematic learning at the elementary school Malang. Proceding UM: Malang. Miles, M. B. & Hubberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Musanna, Al. 2014. Kurikulum Kearifan Lokal dalam Pendidikan Guru (Studi Kasus Kurikulum Budaya dan literatur Gayo pada Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Gajah Putih Takengon). Jurnal Inovasi Kurikulum, 1 (1): 22-40. Pannen, Paulina., Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka), 6 (2): 83-98. (online) https://lib.atmajaya.ac.id/default. diakses pada tanggal 1 Desember 2016. Pornpimon, C., Wallapha, A. & Prayuth, C. 2014. Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 112: 626-634. Putra, Ahimsa. 2008. Ilmuwan Budaya dan Revitalisasi Kearifan Lokal: Tantangan Teoritis dan Metodologis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada. Ramli, Nadjamuddin. 2007. Pariwisata Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Grafindo. Sa’dijah, Cholis. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis dengan Setting Koperatif. Proseding Semnastika UNESA hlm. 69-76 ISBN No. 978-979028-417-3 . Saputro, Edi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal J-Simbol Bahasa Indonesia. 1-15. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sumardjoko, Bambang. 2013. Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal Varia Pendidikan. 25 (2): 110-123.

Syukron, Ahmad. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal untuk SMP di Jember. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs. Tilaar, H.A.R. 2012. Kaleidioskop Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia. Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3): 329-339. Warpala, I. W. S, I. W. Subagia, & I. W. Suastra. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk Mata Pelajaran Sains SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (3): 300-314. Wurianto, A.B. 2011. Pemanfaatan Potensi Lokal Budaya Intagible Jawa Timur sebagai Dasar Model Pengembangan Content Pendidikan Budi Pekerti dan Softskill Pendidikan Dasar. Malang: UMM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.