PEMBELAJARAN TEMATIK SD DENGAN MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS INKUIRI

Ismawati Ismawati, Suharjo Suharjo, Alif Mudiono

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik SD dengan menggunakan modul berbasis inkuiri. Pembelajaran tematik memiliki beberapa karakteristik yaitu  (1) holistic artinya terdiri dari berbagai mata pelajaran yang di muat dalam tema; (2) bermakna artinya tema yang dipelajari tersebut bermanfaat bagi kehidupan siswa; (3) otentik yakni menekankan pada pengalaman belajar langsung atau menggunakan situasi dari kehidupan yang nyata siswa; (4) melibatkan siswa untuk akif mengikuti kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Modul pembelajaran dapat berfungsi sebagai bahan ajar penunjang bagi siswa. Modul merupakan bahan ajar yang memilik komponen sangat lengkap, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Modul adalah bagian dari perangkat pembelajaran berupa bahan ajar yang tersusun secara sistematis yang terdiri dari petunjuk penggunaannya, isi materi yang sesuai dengan KI dan KD, latihan-latihan, dan evaluasi. Modul pembelajaran dikembangkan menggunakan bahasa yang sesuai dengan karakteristik siswa, agar siswa lebih mudah memahami isi pelajaran. Pembelajaran inkuiri akan menumbuhkan daya berpikir kritis pada siswa. Modul berbasis inkuiri adalah bahan ajar yang menekankan bahwa pembelajaran pada siswa tidak hanya diberi pengetahuan secara langsung berupa paparan teks, namun siswa diberikan arahan melalui kegiatan untuk mengkonstruksi pemikirannya sehingga muncul pengetahuan baru. Oleh sebab itu, pembelajaran tematik SD dengan menggunakan modul berbasis inkuiri merupakan salah satu cara untuk membuat siswa aktif mengikuti pelajaran.

Keywords


Pembelajaran Tematik; Modul; Inkuiri

Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bahasan Alat- Alat Optik di SMP. Jurnal: Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, (Online). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi/article/view/1095, diakses 31 Maret 2017. Dewi, N. B. S., Kristiantari, M. G. R., Negara, O. 2014. Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa. Jurnal: PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (Online), Vol: 2 No: 1. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 2. Jakarta: Ghalia Indonesia. Kristianingsih, D.D., Sukiswo, S.E., Khanafiyah, S. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Maidah, A. A. 2015. Pengembangan Modul Tematik Sebagai Penunjang Bahan Ajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul. Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), Volume 699-1302-1. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/download/699/678 , diakses 9 Oktober 2016. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarbaru: Scripta Cendekia. Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana. Rustaman, N. Y. 2005. Perkembangan penelitian pembelajaran berbasis inkuiri dalam pendidikan sains. Jurnal: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, (Online). http://file.upi.edu/Direktori/SPS, diakses 31 Maret 2017. Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana. Setyowati, Ratna, Parmin, & Widiyatmoko. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK 11 Semarang. Jurnal Penelitian IPA. ISSN 2252-6609. Volume 2. Nomor 2. November 2013. Shohimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep Landasan Teoritis Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pusaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.