PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI KETERAMPILAN DI SEKOLAH DASAR

Heri Setiawan, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan asesmen untuk kompetensi keterampilan di sekolah dasar. Kompetensi keterampilan merupakan domain hasil belajar yang menuntut siswa untuk menunjukkan keahlian atau pencapaian hasil belajardalam menyelesaiakan tugas keterampilan.. Kompetensi keterampilan dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pencapaian kompetensi keterampilan  didata melalui kegiatan asesmen. Teknik asesmen yang digunakan yaitu asesmen kinerja, proyek, dan porotfolio Fakta dilapangan serta kajian penelitian terdahulu menunjukkan bahwa guru masih mengutamakan tes sebagai alat dan teknik asesmen. Guru masih mengalami kesulitan dalam perencanaan dan pelaksanaan asesmen terutama pada kompetensi keterampilan, sehingga pelaksanaannya di lapangan masih belum maksimal.

Keywords


asesmen; kompetensi keterampilan; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya. Bagnato, S. J. (2007). Authentic Assessment for Early Childhood Intervention Best Practices. New York : The Guilford Press. Basuki, I., dan Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya. Gadbury-Amyot, et al. (2003). Validity and Reliability of Portfolio Assessment of Competency in a Baccalaureate Dental Hygiene Program. Journal of Dental Education. (Online), 67 (9): 991-1002, (http://www.ncbi.nlm.gov/pubmed/24789826.htm). Gaicha, A. (2016). Theoretical Framework for Educational Assessment: A Synoptic Review. Journal of Education and Practice . (Online), 7 (24): 212-231, (http://files.eric.ed.gov/fulltext/ EJ1112912.pdf), diakses tanggal 12 april 2017. Kusaeri. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Lund, J. (1997). Authentic Assessment : It’s Development and Application. Journals Journal of Physical Education, Recreation & Dance. (Online), 68 (7): 25-28, 40. (www.emeraldinsight.com/0090-7324.htm), diakses tanggal 30 September 2016. Muller, J. (2016). Authentic Assessment Toolbox : Portfolios. (Online), (jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/portfolios.htm), diakes tanggal 20 September 2016. PERMENDIKBUD Nomor 21 Tahun 2016 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. PERMENDIKBUD Nomor 23 Tahun 2016 Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Rogier, D. (2014). Assessment Literacy: Building a Base for Better Teaching and Learning. English Teaching Forum. (Online), -(3) : 2-13. (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1045594.pdf), diakses pada tanggal 31 Oktober 2016. Sa’dijah, C. (2007). A Case Study Of The Implementation Of Alternative Assessment In Mathematic. Jurnal MIPA. (Online), 36 (2): 192-204. (http://fmipa.um.ac.id/index.php/karya-ilmiah-dosen/184-mipa-tahun-36nomor-2-juli-2007.html), diakses tanggal 30 Maret 2017. Sa’dijah, C. (2009). Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif. (Online), 4(2): 92-95. (http://fmipa.um.ac.id/index.php/karya-ilmiah-dosen/179-jurnal-pendidikaninovatif-jilid-4-nomor-2-maret-2009-hal-92-95.html), diakses tanggal 30 Maret 2017. Simpson, E.J. (1972). The Classification of Educational Objectives In the Psychomotor Domain. Washington, D.C: Gryphin House. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Penddikan Nasional. Dokumen Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (Online), (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/ uploads/2016/08/ UU_no_20_th_2003.pdf), diakses tanggal 27 maret 2017. Whitlock, B., & Nanavati, J. 2013. A systematic approach to performative and authentic assessment. Reference Services Review,(Online), 41 (1) : 32-38. (www.emeraldinsight.com/0090-7324.htm), diakses tanggal 28 Maret 2017. Wiggins, G. (1993). Assessment: Authenticity, Context, and Validity Author(s): Grant Wiggins. The Phi Delta Kappan. (Online), 75 (3): 200-208, 210-214, (http://www.jstor.org/stable/20405066), diakses tanggal 30 maret 2017. Wiyono, B. B., & Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.