IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DENGAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Devi Kristinawati, Sa’dun Akbar, Susriyati Mahanal

Abstract


Proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan lebih terfokus pada teks yang telah tersedia di dalam buku, tanpa ada inovasi yang dilaksanakan oleh guru. Sehingga siswa cenderung tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini diperlukan pembelajarn yang lebih inovatif yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran yang menggunakan model brain based learning dengan mind map pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode deskriptif kualitataif. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Badegan Ponorogo, dengan subjek penelitian kelas VA yang berjumlah 24 siswa tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model brain based learning dengan mind map dapat diterapkan dalam pada pembelajaran IPA kelas V SD dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Pra-paparan; 2) Persiapan; 3) Inisiasi dan akuisisi; 4)Elaborasi dengan mind map; 5) Inkubasi dan pengkodean memori dengan mind map; 6) Verifikasi dan pengecekan kepercayaan dengan mind map; 7) Selebrasi dan integrasi.

Keywords


brain based learning; mind map; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda. Akbar, Sa’dun. (2016). Best Practices Pendidikan Karakter. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 “ Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)‟, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana, UM, Malang, 24 Mei 2016. Agustiana, I Gusti Ayu Tri & Tika, I Nyoman. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Buzan, Tony. (2005). Buku Pintar Mind Map untuk Anak agar Anak Mudah Menghafal dan Berkonsentrasi. Terjemahan Susi Purwoko. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map Membuka Kreativitas Memperkuat Ingatan Mengubah Hidup. Terjemahan Susi Purwoko. 2012. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jensen, Eric. (2008). Pemelajaran Berbasis-Otak Paradigma Pengajaran Baru. Terjemahan Drs. Benyamin Molan. 2011. Jakarta: Indeks. Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama. Lucy & Rizky, Ade Julius. (2012). Dahsyatnya Brain Smart Teaching. Jakarta: Penebar Plus.

Munfaridah, Nuril & Yulianti, Lia & Diantoro, Markus. (2015). Peran Mind Map dalam Model Brain Based Learning berkaitan dengan Penguasaan Konsep Fisika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya 2015, (Online), (

http://fmipa.um.ac.id/index.php/download/all-files/doc_download/26dinicen-viclara.html), diakses pada tanggal 26 Agustus 2016. Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Ward, Hellen. (2010). Pengajaran Sains berdasarkan Cara Kerja Otak-Kumpulan Gugusan Aktivitas Sains Bagi Siswa Usia 5-14 Tahun. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.