PENGGUNAAN PIECES CARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD

Auliya Amiroh, Suharjo Suharjo, I Made Suardana

Abstract


Pembelajaran di sekolah dasar menggunakan model pembelajaran tematik. Dalam pelaksanaannya pembelajaran tematik diintegrasikan ke dalam beberapa tema yang mencakup beberapa mata pelajaran dan saling berkaitan. Tema dalam pembelajaran tematik diharapkan bermakna bagi siswa sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara bersamaan. Saat ini perkembangan teknologi Informasi sangat berpengaruh pada bidang pendidikan, hal ini dapat menunjang pengembangan pengetahuan siswa yang sesuai dengan tujuan dari pembelajaran tematik tersebut. Adanya teknologi dalam dunia pendidikan membawa banyak dampak positif, misalnya semakin berkembangnya media pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran. Teknologi dan informasi juga sangat berperan penting dalam peningkatan kualitas. Salah satunya melalui pembelajaran berbantuan komputer. Pembelajaran berbantuan komputer ini dapat membuat siswa menjadi aktif sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu media dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang kompleks, dan memahami konsep yang abstrak menjadi konkrit. Selain itu, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran serta membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar salah satunya media pembelajaran berupa permainan atau game. Media pembelajaran seperti ini dapat menarik minat siswa dalam belajar dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Sehingga penggunaan media pieces card game diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui pembelajaran berbantuan komputer.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. Darmawan, D. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media. Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta : Pro-U Media. Matt, Jarvis. 2011. Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media. Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan lengkap Aplikaif. Jogjakarta :DIVA Press. Permendikbud Nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Sanjaya, W. 2010. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suyanto, & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser. Uno,B. Lamatenggo, N. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Yunus, M., Astuti, I. F., Khairina, D. M. Game Edukasi Matematika untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman. (online), 10 (2), http://fmipa.unmul.ac.id/file/docs/5964%20mursyid%GAMEEDUKASIUNTUKSEKOLAHDASAR, diakses tanggal 6 November 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.