PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DAN HASIL BELJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NAHDLATUTH THALABAH

Ahmad Haris Mabruri, Utami widiati, Sugeng Utaya

Abstract


Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang membagi siswa dalam kelompok. Pembagian ini bertujuan supaya para siswa saling bekerja sama dalam memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Banyak sekali metode pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas, antara lain Group Investigation (GI). GI merupakan pembelajaran kooperatif yang membagi siswa berdasarkan tema yang mereka pilih. Penggunaan metode pembelajaran GI di dalam proses pembelajaran mempunyai tujuan yang dimaksudkan guru pada siswa setelah proses pembelajaran. Tujuan tulisan ini untuk mendeskripsikan rancangan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif GI untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII mata pelajaran IPS.

Keywords


Group Investigation (GI); Keterampilan Sosial; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. & Krathwol, D. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Degeng, I Nyoman Sudana. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UM. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesi Huda, M. 2015. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Soetjipto, E. B. 2015. Pembelajaran Kooperatif Materi Kuliah Strategi dan Modelmodel Pembelajaran. Malang: tidak diterbitkan Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT. Refika Aditama Slavin, 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Maryani, E. & Syamsudin, H. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, (Online), 9 (1): 1-15, (http://digilib.upi.edu/digitallist.php),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.