PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Yusnia Nurrohmi, Sugeng Utaya, Dwiyono Hari Utomo

Abstract


Motivasi belajar merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap mahasiswa, yang akan memberikan dorongan untuk menjadi lebih semangat dalam kegiatan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen yang dilakukan di Jurusan Ilmu Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian yaitu mahasiswa ilmu geografi angkatan 2016/ 2017 berjumlah 72 mahasiswa pada dua kelas yang bersifat homogen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan regresi. Hasil analisis data diperolah bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,970 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Keywords


model Discovery Learning; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anjani, Kurnia Dewi; Fatchan, Ach.; dan Amirudin, Ach. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen Dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016 Halaman: 1787—1790, EISSN: 2502-471X, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6812/2994), diakses pada 26 Maret 2017. Arinta, Dicky; Utaya, Sugeng; dan Astina, I Komang. (2016). Implementasi Pembelajaran Kuliah Kerja Lapangan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2016 Halaman: 1665—1670, EISSN: 2502-471X, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6705/2897), diakses pada 26 Maret 2017

Bruner, Jerome S. (1960). The Process of Education. Cambridge. MA: Harvard University Press. Bruner, Jerome S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge. MA: Harvard University Press. Dewi, Ni Md. Sintya Novita; Jampel, I Nym; dan Sudarma, I Km. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Gugus I Kecamatan Jembrana, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=346453), diakses pada 15 Agustus 2016. Hedyanti, Widya Novia; Sudarmiatin; dan Utaya, Sugeng. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtu A Terhadap Prestasi Belajar Ips Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas Iv, V, Vi Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2016 Halaman: 865—873, EISSN: 2502-471X, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6289/2685), diakses pada 26 Maret 2017. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1 &cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiSiYXH8bDOAhUFR48KHSMzCOkQF ggfMAA&url=https%3A%2F%2Fdocs.google.com%2Fdocument%2Fexpor t%3Fformat%3Dpdf%26id%3D1lY3rKYKB785ddheIO8PzspODRmSpEC OnXLnbC1e3VGo%26token%3DAC4w5VizbTtPj9xwnV3VtCiy0YVirVrs eA%253A1425270465954&usg=AFQjCNEvUlRcseFbK7sove2RkEz1cow Luw&bvm=bv.129391328,d.c2I),diakses pada 26 Juli 2016. Lutfiyah, Zakiyatul; Utaya, Sugeng; dan Susilo, Singgih. (2016). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Tahun 21, No. 2, Juni 2016, Halaman: 8-16. (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikangeografi/article/view/5908/2441), diakses pada 26 Maret 2017. Putrayasa, I Made; Syahruddin, H.; dan Margunayasa, I Gede. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2 No. 1 Tahun 2014, (Online), (ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/3087/2561),di akses pada 26 Juli 2016. Retnowati, Devi Ratih; Fatchan, Ach; dan Astina, I Komang. (2016). Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman: 521—525, EISSN: 2502-471X. (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6181/2622), diakses pada 20 Desember 2016.

Rumijati. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp). (Online), (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/suryabahtera/article/viewFile/2747/2594), diakses pada 15 Agustus 2016.Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Wijiningtyas, Isa; Fatchan, Ach; dan Ruja, I Nyoman. (2016). Proses dan Bentuk Motivasi Belajar Geografi Sma Unggulan Kota Malang (Perspektif Etnometodologi), Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 2 Bulan: Februari Tahun: 2016 Halaman: 106 — 115, EISSN: 2502-471X, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6103/2566), diakses pada 26 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.