PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI BACAA

Yenny Dwijayanti Nirwana, Muhana Gipayana, Furaidah Furaidah

Abstract


Salah satu keterampilan membaca adalah memahami bacaan. Kemampuan memahami bacaan siswa di Indonesia masih rendah berdasarkan data Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS).  Siswa SD Indonesia hanya mampu  menjawab 66% dari soal level rendah yang diujikan.  Salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan memahami bacaan adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Compisition (CIRC). Model CIRC dikembangkan untuk membantu siswa menguasai keterampilan membaca dan menulis. Model CIRC menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk membantu siswa bekerja secara berkelompok memahami bacaan sehingga waktu pembelajaran lebih efektif. Unsur-unsur dalam CIRC yaitu kelompok membaca, tim, dan kegiatan terkait bacaan. Unsur-unsur dalam CIRC yaitu kelompok membaca, tim, dan kegiatan terkait bacaan. Kegiatan dimulai dari siswa membentuk kelompok, membaca bersama  kelompok, mencari struktur cerita bersama, menemukan dan mengartikan kata-kata sulit sehingga siswa tidak perlu menghafalkan definisi kata-kata sulit., membuat sinopsis,  dan diakhiri dengan tes pemahaman bacaan. Model pembelajaran ini membuat siswa lebih mendominasi dalam pembelajaran dan mengajarkan siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan berkelompok.

Keywords


Model CIRC; Memahami bacaan

Full Text:

PDF

References


Abiding, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahsa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. Burn, Paul C., Betty D Rue, dan Elinor P. Roos. 1985. Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Boston: Hougton Miflin Company. Farris, Pamela J. 1993. Language Arts a Process approach. Illionis: Brown and Benchmark Publishing. Harjasujana S, Achmad. 1985. Buku Materi Pokok Keterampilan Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka. Litbang Kemdikbud. 2015. Kemampuan Membaca Siswa Indonesia di Dunia. Jakarta 2015. Dalam Litbang Kemdikbud, (Online), (http://litbang.kemdikbud.go.id) diakses 3 Desember 2016. Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Nurlita. Bandung: Nusa Media. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovati-Progresif. Edisi 4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.