PERAN PENDEKATAN SAVI DALAM UPAYA OPTIMALISASI PROSES BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD

Tita Nur Azizah, Ruminiati Ruminiati, Moh. Zainuddin

Abstract


Pendekatan SAVI merupakan suatu pendekatan yang diterapkan dalam proses pembelajaran dengan cara memanfaatkan seluruh alat indera yang dimiliki siswa. Pendekatan SAVI diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS SD untuk memudahkan siswa mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, memenuhi standar kompetensi dasar, serta memahami konsep-konsep berkaitan dengan muatan IPS kelas IV di Sekolah Dasar. Unsur-unsur dalam pendekatan SAVI diantaranya somatic, diartikan bahwa belajar menggunakan keterlibatan fisik melalui bergerak dan berbuat selama pembelajaran berlangsung; auditory, belajar Auditory merupakan belajar dengan berbicara dan mendengar; visualization, hal ini berkaitan dengan mengamati dan menggambarkan, kegiatan visual antara lain melihat, mencipta, dan mengintegraksikan segala macam citra; intellectually, Kegiatan intelektual menunjukkan apa yang dilakukan siswa dalam pikiran siswa secara internal disamping menggunakan kecerdasan yang dimiliki pada saat merenungkan suatu pengalaman dan menciptakan hubungan, makna, rencana, nilai, dari pengelaman tersebut.  Peran pendekatan SAVI dalam proses belajar diantaranya: membangkitkan kecerdasan terpadu siswa secara penuh melalui penggabungan gerak fisik dengan aktivitas intelektual, membantu siswa mengingat lebih lama dikarenakan siswa membangun sendiri pengetahuannya, memunculkan suasana belajar yang lebih menyenangkan, menarik, dan efektif melalui pembiasaan berfikir kritis dan mengemukakan pendapat, serta menjelaskan jawaban dengan berani dalam kegiatan kerjasama, membangkitkan kreativitas dan meningkatkan psikomotor siswa dalam pembelajaran.

Keywords


Pendekatan SAVI; Pembelajaran; IPS

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press. Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamruni. 2010. Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bintang Pustaka Herdian. 2009. Model Pembelajaran SAVI. (Online), (https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-savi/), diakses 29 Maret 2017. Meier D. 2000. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Terjemahan oleh Astuti R. 2002. Bandung: Kaifa. Ruminiati. 2010. Implikasi Teori Sosiobiologis dan Budaya Patriakhi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar berbasis Gender. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan IPS SD pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Disampaikan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang (UM) Tanggal 6 Juli 2010. Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasari. Bandung: Remaja Rosda Karya. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.