PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM NEWTON PADA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI

Suci Furwati, Sutopo Sutopo, Siti Zubaidah

Abstract


Konsep IPA sering disajikan dalam bentuk simbol yang abstrak. Literatur pendidikan sains terutama fisika merekomendasikan penggunaan beberapa representasi untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dan memecahkan masalah. Pendekatan multi representasi dalam pembelajaran IPA menjadi sesuatu yang sangat berpotensi menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan pemahaman konsep siswa tentang Hukum Newton melalui pembelajaran multi representasi pada materi Hukum Newton dan (2) perubahan pemikiran siswa tentang Hukum Newton melalui pembelajaran multi representasi. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep materi Hukum Newton. Soal berupa pilihan ganda disertai alasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata 5,16 menjadi 11,16 (rentang 0-14) p<0,01 dengan effect size sebesar 2,66 (kategori kuat) dan N-gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Meskipun pembelajaran multi representasi telah berhasil mengantarkan siswa memahami konsep-konsep Hukum Newton, namun masih ada siswa yang memiliki pemikiran yang keliru dan sulit untuk diubah tentang Hukum I, II dan III Newton.

Keywords


pemahaman konsep; Hukum Newton; pembelajaran multi representasi

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S. (2009). The Educational Value of Multiple Representations when Learning Complex Scientific Concepts. In Visualization: Theory and Practice in Science Education Gilbert JK.; Reiner, M; Nakhleh, M (Eds.). 1-15. Angell, C., Guttersrud, O., & Henriksen, E. K. (2007). Multiple Representations as a Framework for a Modelling Approach to Physics Education. Department of Physics, University of Oslo, NORWAY, and Per Morten Kind, School of Education, Durham University, UK. Ayesh., Qmahieh, N., & Abdelfattah, F. (2010). The effect of student use of the free-body diagram representation on their performance. International Research Journals. Educational Research, 1(10), 505-511. Retrieved from http://www.interesjournals.org/ER. Bakri, M., Mursalin., & Payu, C. S. (2013). Analisis Konsepsi Calon Guru Fisika Terhadap Konsep Gaya Menurut Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. New York: Routledge Creswel, J. W., Clark, V. L. P. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Reasearch. London: Sage Publications Ellis, P. D. (2010). The Essential Guide to Effect Sizez: Statistical Power, Metaanalysis, and theInterpretation of Research Results. New York, Cambridge University Press. Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: AsixThousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1119/1.18809 Heuvelen, A. (1991). Learning to Think Like a Physicst: A Review of ResearchBased Instructional Strategies. American Journal of Physics. 59, 891-897 Heuvelen, A. V., & Xueli, Z. (2001). Multiple Representation of Work-Energy Procesess. American Journal of Physics. 69 (184). Retrieved from doi: http://dx.doi.org/10.1119/1.1286662 Irwandani. (2010). Multi Representasi Sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 3 (1): 1-10. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/64/57 Kohl, P. B., Rosengrant, D., & Finskelstein, N. D. (2007). Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Physical Review Special Topic – Physics Educations Research 3, 010108, 110 doi: 10.1103/PhysRevSTPER.3.010108 Leigh, G. (2004). Developing Multi-Representational Problem Solving Skills in Large, Mixed-Ability Physics Classes. University of Cape Town Department of Physics: Thesis, Retrieved from http://www.phy.uct.ac.za/people/buffler/Leigh_Msc.pdf Malichatin, H. (2013). Pengembangan Materi Subjek Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Journal of Innovative Science Education. 2(1), 35-41

Meltzer, E. D. (2005). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Score. American Journal of Physics, 70(2), 1259-1268 Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics: Use and Interpretation 2nd Edition. New Jersey, Lawrence Erlbaum Associates Inc. Rosengrant, D., Etkina, E., & Van Heuvelen, A. (2007). An Overview of Recent Research on Multiple Representations. Rutgers, The State University of New Jersey GSE, 10 Seminary Place, New Brunswick NJ, 08904 Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etnika, E. (2009). Do students use and understand free-body diagrams?. Physical Review Special Topic – Physics Educations Research 5, 010108, 1-13. doi: 10.1103/PhysRevSTPER.5.010108 Sari, A., Sutopo., & Wartono. (2015). Penggunaan Multi Representasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Hukum II Newton. Seminar Nasional IPA VI Tahun 2015. 270-280. Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/308962603 Suhandi, A & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multi Representasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1) 1-7, Retrieved from (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpfi) Sutopo., Liliasari., Waldrip, B., & Rusdiana, D. (2012). Impact of Representational Approach On The Improvement of Student’s Understanding of Accelerations. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8, 161-173, Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpi Sutopo. (2014). Miskonsepsi Pada Optika Geometri dan Remediasinya. J-TEQIP. V(2), 356-368 Sutopo & Wadrip, B. (2014). Impact of a Representational Approach on Students, Reasoning and Conceptual Understanding in Learning Mechanics. International Journal of Science and Mathematics Education, 12, 741-765. Yusuf & Setiawan. 2009. Studi Kompetensi Multirepresentasi Mahasiswa Pada Topik Elektrostatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komuniasi. 2(1), 1-10. Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/266875509 Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., & Sigit, D. (2014)a. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., & Sigit, D. (2014)b. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Zubaidah, S., Mahanal, S., & Yuliati, L. (2013)a. Ragam Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press) Zubaidah, S., Yuliati, L., & Mahanal, S. (2013)b. Model dan Metode Pembelajaran SMP IPA. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.