PENERAPAN PENDEKATAN REGGIO EMILIA UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PROYEK MENGGAMBAR PADA SISWA TK B HAMZANWADI SELONG
Abstract
berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran rekreasi subtema tempat rekreasi di ketahui bahwa di kelas ini siswa kurang minat mengikuti pembelajaran rekreasi,terlihat dari antusias siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat kurang semangat,siswa bersifat pasif dan kurang termotivasi. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menigkatkan antusias dan semangat belajar pada anak adalah dengan menerapkan pendekatan Reggio Emilia.pendekatan Reggio Emilia dapat memberikan ruang bagi anak untuk mengekspresikan keinginan anak dalam berkreasi di kelas dan di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa TK B Hamzanwadi Selong semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Reggio Emilia dapat meningkatkan antusias dan semangat anak dalam menerima pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya antusias dan kemampuan kognitif anak yang di peroleh dengan melihat dan menganalisis dari lembar observasi dan hasil karya mengalami perbaikan yang signifikan dari siklus I dan siklus II.
Keywords
pendekatan Reggio Emilia; kemampuan kognitif
Full Text:
PDFReferences
Roopnarine,Jaipul L.and James E.Johnson Approach to early Childhood Education Fourth Colombus.,Ohio : pearson merril prentice hall,2005 Suhandi. ddk. 2003. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.