PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN PENGUASAAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGA

Rahmania M.A, Ery Tri Djatmika, Lia Yuliati

Abstract


Pembelajaran sains memiliki tujuan agar siswa memahami dan mengatasi masalahmasalah atau peristiwa alam melalui pengamatan secara ilmiah. Pembelajaran yang diterapkan harus mampu mengintegrasikan konsep pembelajaran dengan berbagai masalah yang sering di jumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran harus dapat  melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan pemecahan terhadap  masalah tentang penecemaran lingkungan serta mampu mengembangkan ketarampilan proses sains dan kemampuannya memahami konsep pembelajaran. Hal ini membutuhkan peran pendidik agar dapat menggunakan pendekatan, model, atau strategi dalam menerapkan pembelajaran sains dengan baik. Salah satu pembelajarannya adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis pada masalah untuk melibatkan siswa secara langsung melakukan pemecahan masalah nyata dan mampu mengonstruksikan pengetahuan dan pemahamannya terhadap konsep pencemaran lingkungan. Pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains.

Keywords


Pembelajaran Sains; PBL; Keterampilan Proses Sains; Pengusaan Konsep Pencemaran Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arends. 2013. Belajar Untuk Mengajar (Learning To Teach). Jakarta: Salemba Humanika. Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Pustakaraya. Campbell, C., Jobling, W., & Howwit, C. 2015. Science Early Childhood. Second Edition. Australia. Cambridge University Press. Chin, C., & Chia, G,L. 2015. Problem Based Learning: Using II-Structured Problem In Biology Project Work. Journal Wiley Interscience. 90:44-67. (Online), (www.interscience.com), diakses 30 September 2016. Dahar, R.W. 2011. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Erlangga. Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003Sisdiknas.pdf), diakses 14 desember 2016. Jacobsen, D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. 2009. Methods For Teaching (Metode Pembelajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kauchak, D., & Eggen. P. 2016. Strategi Dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir). Edisi Keenam. Jakarta: PT. Index. Moutinho, S., Torres, J., Fernandes, I., & Vasconcelos, C. 2015. Problem Based Learning And Nature Of Science A Study With Science Teacher. Journals Science Direct Procedia-Social Behavioral Science. 191:1871-1875. (Online), (www.sciencedirect.com), diakses 07 Desember 2016. Schunk, Dale H. 2012. Learning Teories And Education Perspective (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan). Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Index. Samatowa, U. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Index

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Suyono. 2014. Pencemaran Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Undang-Undang No 32 tentang Perlindungan dan Pengelolahan Lingkungan Hidup. (Online), (https://www.kemenkopmk.go.id), diakses 2 Januari 2017. Winch, C. 2016. Professional education, know-how and conceptual ability: the role of education in the attainment of concept mastery in professional work. Journal Theory and Reseach in Education. 14(1):45-62. (Online), (http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/1477878515615022). diakses 05 Januari 2017. Wisudawati, W.A. & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA (Disesuaikan dengan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.