PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA MAKET UNTUK AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI S

Nurul Hasanah, Herawati Susilo, Dedi Kuswandi

Abstract


Media maket merupakan media yang cocok untuk mendukung pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan. Media maket merupakan tiruan dari benda aslinya yang mendekati bentuk nyata.  Pada pembelajaran STAD berbantuan media maket memudahkan siswa untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Siswa berperan langsung dalam pembuatan media maket. Tujuan dari diterapkannya pembelajaran STAD berbantuan media maket diantaranya: memacu semangat belajar siswa, suasana belajar di kelas menjadi aktif, siswa belajar mandiri, siswa belajar bekerja sama dengan teman kelompoknya

Keywords


Pembelajaran STAD; media maket

Full Text:

PDF

References


Azhar, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. Bilgin, I. 2009. The effect of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Academic Journals Scientific Research and Essay, 4(10): 1038-1046. Boleng, D. T. & Corebima, A. D. 2014. Cooperative Learning Models having better potency to improve Social Attitude of Multietnic Senior High School Students at Samarinda, Indonesia. Journal of Educational Research and Reviews, 2(3): 36-44. Feyzioglu, B., Akyildiz, M., Demirdag, B. & Altun, E. 2012. Developing a Science Process Skills Test for Secondary Students: Validity and Reliability Study. Educational Sciences: Theory & Practice, 12(3): 1899-1906. Li, M., & Lam, B. 2005. Cooperative Learning. Makalah disajikan pada The Hongkong Institute of Education, Hongkong, Juni 2005. (online), (http://www.ied.edu.com). Mills C.B . 2008. Merancang dengan Maket/Edisi Kedua. a.b. Hanggan Situmorang. Jakarta: Erlangga. Moedjiono, M. Dimiyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti: Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Rohani. A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Sadiman, A.S. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers. Schilling, A. Basics Pembuatan Maket. Terjemahan Agus Tiono dkk. 2010. Jakarta: Erlangga. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. 2016. Bandung: Nusa Media. Smaldino, S.E., Lowther. D.L., & Russell, J.D. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Terjemahan Arif Rahman. 2014. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Solihatin, E., Raharjo. 2011. Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.