PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BERBASIS PIRLS BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DI SD

Nilamsari Damayanti Fajrin, M. Zainuddin, Muhana Gipayana

Abstract


Keterampilan membaca merupakan kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dan sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran proses belajar. Sejak awal abad 21, keterampilan membaca pemahaman telah menjadi fokus penelitian secara internasional. Salah satu lembaga internasional yang melakukan survei tentang tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar, khususnya siswa kelas IV, yaitu IEA (The International Association for Evaluation of Educational Achievement) melalui Tes PIRLS (Proggress in International Reading Literacy Study). Dalam kerangka Tes PIRLS terdapat indikator-indikator pencapaian pada setiap kategori tingkat membaca pemahaman (advanced, high, intermediate, dan low) yang dapat menjadi acuan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman di SD. Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan fakta tersebut, diasumsikan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Dengan demikian, tujuan penulisan artikel ini untuk menguraikan lebih lanjut tentang pembelajaran keterampilan membaca berbasis PIRLS berbantuan media powerpoint interaktif di SD.

Keywords


membaca pemahaman; powerpoint; PIRLS; SD

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Dedi. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hardani, K. 2015. Pengembangan Flipbook Elektronik Pada Pembelajaran Literasi Subtema Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia Untuk Kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Mullis, I. V.S., et al. 2012. PIRLS 2011 International Results in Reading. Netherland: IEA. Mullis, I. V.S., et al. 2015. PIRLS 2016 Assessment Framework (Second Edition). Netherland: IEA. Praherdiono, H. dan Punaji Setyosari. 2006. Media Pembelajaran. Malang: UM Press. Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Smaldino, S.E. 2011. Instructional Technology and Media for Learning 9th edision. USA: Pearson. Wilkinson, G.L. 1984. Media dalam Pembelajaran: Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: CV. Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.