SELF ASSESSMENT BERBASIS STUDENT-TEACHER CONFERENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISW

Lelly Stevani, Dedi Kuswandi, Punadji Setyosari

Abstract


Self-Assessment (SA) memberikan pengaruh yang positif terhadap proses, hasil belajar, peningkatkan tanggung jawab dan kemampuan berpikir kritis siswa.  Komponen berpikir kritis yang dimaksudkan meliputi pencarian kebenaran, pemikiran yang terbuka, kepercayaan diri, dan kematangan berpikir. Salah satu cara siswa melakukan SA adalah melalui Student-Teacher Conference (STC), untuk tujuan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan  perkembangan potensi siswa, serta mengenali siswa secara efektif. Pembahasan tentang STC, prosedur yang dilakukan dalam STC, kekuatan dan kelemahan STC, dan faktor-faktor yang harus disiapkan dalam penerapan STC akan menjadi penting sebagai dasar pelaksanaan STC di sekolah. STC memberikan pengaruh terhadap peningkatan kapasitas siswa secara positif.

Keywords


self assessment; Student-Teacher Conference; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Andrade, H. & Du, Y. 2007. Students Responses to Criteriareferenced Self Assessmnet. Asssessment & Evaluation in Higher Education, (Online), 32(2):159-181, http://theeffectiveeducator.wikispaces.com/file/view/andrade+%26+Du-+Self+Assessment, diakses 25 Maret 2017. Clipa, O., Ignat, A. A. & Rusu, P. 2011. Relations of Self Assessment Accuracy with Motivation Level and Metacognition Abilities in Pre-Service Teacher Training. Procedia-Social and Behavioral Sciences, (Online), 30:8883-888, (http://www.sciencedirect.com), diakses 25 Maret 2017. Greenstein Laura (2012). Assessing 21st Century Skill. California: Corwin. 61. Miri, B., David, BC., and Uri, Z. Purposely Teaching for the Promotion of Higher Order Thinking Skills: A Case of Critical Thinking. Springer Link. Research in Science Education. October 2007, Volume 37, Issue 4, pp 353-369. Diakses tanggal 15 Maret 2017. Nbina, J. B. & Viko, B. 2010. Effect of Instruction in Metacognitive Self Assessment Strategy on Chemistry Students Self-Efficacy and Achievement. Academia Arena, (Online), 2(11):1-10, (http://www.sciencepub.net), diakses 22 Maret 2017. O’Malley J. M. & Pierce, L.V. 1996. Authentic Assessment for Eglish Language Learners. United States of America: Addison-Wesley Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.