Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
PERAN MODELING INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP PADA MATERI GELOMBANG | Jumadin | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

PERAN MODELING INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP PADA MATERI GELOMBANG

La Jumadin, Arif Hidayat, Sutopo Sutopo

Abstract


Pemahaman konsep IPA siswa merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran. Dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk menemukan informasi dan mengkonstruksi informasi tersebut menjadi sebuah konsep. Salah satu pembelajaran yang mengikuti cara ilmuwan berpikir dan bereksperimen untuk menemukan konsep, menguji konsep dan memprediksi fenomena baru yaitu modeling instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modeling instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa pada materi gelombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed-method dengan desain embedded eksperimental. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII SMPN Satap Oihu  Tahun Pelajaran 2016/2017.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata postes 50 lebih tinggi daripada skor rata-rata pretes 10 (p = 0.000) dengan n-gain score 0,44 (kategori sedang) dan d-effect size sebesar 1,90 (kategori kuat). Hal ini berarti bahwa modeling instruction memberikan dampak positif yang kuat terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA siswa

Keywords


modeling instruction, pemahaman konsep IPA

Full Text:

PDF

References


Ellis, P. D. (2010). The Essential Guide to Effect Sizez: Statistical Power, Metaanalysis, and theInterpretation of Research Results. New York, Cambridge University Press. Fitriani. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Tema Indra Pendengaran dan Indra Penglihatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Tesis Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: AsixThousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66 (1), 64-74. Helmi, M. L. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Pemodelan terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2009-2010. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Hestenes, D. (1987). “Toward a modeling theory of physics instruction,” Am. J. Phys. 55, 440–454. Hestenes, D. (1997). Modeling methodology for physics teachers. In E. Redish & J. Rigden (Eds.) The changing role of the physics department in modern universities. American Institute of Physics. Part II: 935-957. Hubber, P., Tytler, R., & Haslam, F. (2010). Teaching and Learning about Force with a Representational Focus : Pedagogy and Teacher Change, 5–28.

Jackson, J., Dukerich, L., & Hestenes, D. (2008). Modeling instruction: An effective model for science education. Science Educator, 17(1): 10-17. Kryjevskaia, M., Stetzer, M. R., & Heron, P. R. L. (2012). Student understanding of wave behavior at a boundary: The relationships among wavelength, propagation speed, and frequency. American Journal of Physics, 80 (4), 339– 347. Kryjevskaia, M., Stetzer, M. R., & Heron, P. R. (2013). Student difficulties measuring distances in terms of wavelength: Lack of basic skills or failure to transfer?. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 9 (1), 010106: 1-13. Lampiran Permendikbud No.103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. (Online), (http:pgsd.uad.ac.id), diakses tanggal 1 Juni 2016. Malone, K. L. (2008). Correlations among knowledge structures, force concept inventory, and problem-solving behaviors. Physical Review Special TopicsPhysics Education Research, 4 (2), 020107: 1-15. Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W. & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics: Use and Interpretation 2nd Edition. New Jersey, Lawrence Erlbaum Associates Inc. NGSS. (2013). Next Generation Science Standart: For States, By States: Washington DC: The National Academies Press National Research Council (NRC). (2012). A Framework for K-12 Sciece Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington, DC: National Academies Press. Şengören, S, K., Tanel, R., & Kavcar, N. (2009). Students’ Difficulties About The Wave Pulses Propagating On A Rope. Journal of Turkish Science Education, 6 (1), 50-59. Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1): 65-78. Sutopo. (2016). Students ’ Understanding Of Fundamental Concepts Of Mechanical Wave. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12 (1), 41-53. Sutopo & Wadrip, B. (2014). Impact of a Representational Approach on Students, Reasoning and Conceptual Understanding in Learning Mechanics. International Journal of Science and Mathematics Education, 12:741-765. Wells, M., Hestenes, D., & Swackhamer, G. (1995). A modeling method for high school physics instruction, American Journal of Physics 63, 606-619.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.