PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLABAK I KABUPATEN KEDIRI

Jumadi Jumadi, Alif Mudiono, Heri Suwignyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perbedaan yang signifikan pada minta belajar dan hasil belajar siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan gambar dan mereka yang diajar dengan metode konvensional. Untuk mendapatkan semua hal tersebut, Quasi-eksperimen dipakai untuk mendesain penelitian ini. Subjek yang diteliti dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas V SDN Blabak 1 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal tes dan 20 pernyataan angket. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan gambar mendapatkan hasil belajar lebih baik jika dibandingkan dengan diajar dengan metode konvensional. Hal ini didukung dengan nilai t dari analisis data yaitu 4.537 di taraf signifikansi .000 (two-tailed). Disisi lain, siswa yang diajar dengan menggunakan gambar juga memiliki minat belajar yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai t dari analisis data yaitu 2.313 di taraf signifikansi .024 (onetailed). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengindikasikan pentingnya media gambar dalam belajar IPS.

Keywords


gambar; minat belajar siswal; hasil belajar; kelas V; IPS

Full Text:

PDF

References


Anita, Sri. 2012. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Rineka Cipta Brown, James W., Richard B. Lewis, Fred F. Harcleroad, AV. 1977. Instruction: Technology, media, and methods, New York: Mc Graw-Hill Book Company. Depdikbud, 2000, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Depdiknas, 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas BSNP. Dimyati. 1995. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Egar, Ngasbun, 2012. Pengembangan profesionalisme guru melalui peningkatan kompetensi secara komprehensif, IKIP PGRI Semarang. Feryal, 2010. Student Teacher ‘Perceptions of Teacher Competence and Their Attributions for Success and Failure in Learning. Huntly, H. 2008. Teacher’s Work: Begining Teachers ‘Conceptions of Competence. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang; Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah Rohini, 2010, Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV sdn 02 korleko. Sardjiyo, dkk. 2014. Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka. Wati, U.A. 2008. Model Pembelajan Terpadu Berbasis Kecerdasan Majemuk di Sekolah Dasar.Yogyakarta. Winataputra, Udin S, 2010. Materi Dan Pembelajaran IPS SD. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka. Yasin, A.F. 2011. Pengembangan Kompetensi Pedagodik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi kasus di MIN Malang I). Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.