Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN BACAAN DENGAN BAHAN AJAR BERBASIS JOYFUL LEARNING | Mu’alimah | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN BACAAN DENGAN BAHAN AJAR BERBASIS JOYFUL LEARNING

Isna Khuni Mu’alimah, Anang Santoso, Mu’akibatul Hasanah

Abstract


Tujuan utama dari kegiatan membaca bagi siswa adalah memahami bacaan. Ketika siswa membaca, mereka membentuk pemahaman melalui proses kreatif dengan berhubungan dan berpikir mengenai teks. Pada proses pembentukan pemahaman ini, emosi memiliki peranan penting pada otak ketika memilih informasi yang harus dipertahankan dan diterima. Sering siswa kesulitan memahami bacaan karena bahan ajar yang dihadirkan tidak dapat memfasilitasi peran emosi mereka. Hasilnya, beberapa informasi penting ditolakoleh otak sehingga pemahaman mereka menjadi lemah. Meski begitu pemahaman bacaan mereka dapat ditingkatkan apabila mereka belajar menggunakan bahan ajar yang memfasilitasi peran emosi siswa di dalamnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan bahan ajar adalah strategi pembelajaran menyenangkan (joyful learning). Strategi joyful learning dapat dilakukan dengan memberikan stimulus yang membangkitkan emosi senang pada siswa. Artikel ini membahas bagaimana peran emosi dalam pembelajaran serta bahan ajar berbasis joyful learning yang memfasilitasi emosi dalam pembelajaran membaca.

Keywords


bahan ajar, joyful learning, membaca

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. 2017, Buku Terlengkap Teori-teori Pendidikan Klasik hingga Kontemporer-Formula dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: IRCIsod. Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta:PT Bumi Aksara. Deporter, B dan Hernacki, M (Terjemahan Abdurrrahman, Alwiyah). 2002. Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa. Jensen, E (Terjemahan Molan, B). 2011. Pemelajaran berbasis-otak Paradigma Pengajaran Baru-Edisi Kedua. Jakarta: Indeks. Mushlich, M. 2008. Textbook Writing. Yogyakarta: Arruzz-Media. Runyon, R.P dan Haber, A. 1984. Psichology of Adjusment. Chicago: Dorsey Press. Sell, N.M. 2012. Encyclopedia of the Sciences of Learning. Springer Science & Business Media. Amerika. (E-book). (Online) diakses dari http://books.google.co.id pada 25 November 2016. Suwandi, S. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Pendekatan Saintifik dan Upaya Membangun Budaya Literasi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi, IKIP PGRI Bojonegoro, Bojonegoro 7 Juni. Sylwester, R (Terjemahan Sjafriani, Ririn). 2012. Memahami Perkemabangan dan Cara Kerja Otak Anak-anak. Jakarta: PT Indeks. Tompkins, G.E. 2012. Third Edition Literacy in The Early grades. New Jersey: Pearson Education. Willis, J. 2007. The Neuroscience of Joyful Education. Educational Leadership (ASCD) in North Beauregard St.Alexandria Volume 64 No 1. (Online) diakses dari http://www.ascd.org.aspx pada 19 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.