Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR | Amalia | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Ika Fitri Amalia, Mai Istiqomatul Mashluhah, Maria F. Fernandez

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang sangat penting untuk dipelajari sejak usia dini. Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia memiliki beberapa keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar yaitu keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan dengan menuangkan ide, gagasan, dan pendapat dalam bentuk tulisan, yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Mengembangkan keterampilan menulis siswa dapat dilakukan dengan melatih siswa menulis berbagai karya sastra, seperti menulis narasi, novel, pantun, puisi dan lain-lain. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan pada siswa sekolah dasar yaitu menulis puisi. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang terangkai atas kalimat-kalimat indah  berisi ungkapan hati seseorang. Sedangkan menulis puisi yaitu salah satu cara mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta dari diri seseorang. Fenomena yang ada di lapangan, banyak hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar. Hal ini diakibatkan oleh minat siswa dalam menulis puisi serta kemampuan menulis puisi tergolong masih rendah dan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan menulis puisi kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan siswa dalam menulis puisi yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Metode pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) merupakan suatu metode pembelajaran yang berlandaskan pada prinsip belajar yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantoro. Dalam penerapan metode pembelajaran 3N terdapat 3 tahapan yaitu niteni, nirokke, nambahi. Tahap pertama yaitu niteni yang berarti kegiatan memperhatikan, mengamati, mencermati, mengenali, mengingat, menyimak, membaca, mendengarkan, meraba, dan merasakan dengan menggunakan panca inderanya. Tahap kedua yaitu nirokke yang berarti menirukan, mencontoh, mengimplementasikan, melakukan sesuatu, dan berlatih dengan caranya sendiri. Sedangkan tahap ketiga yaitu nambahi yang berarti mengembangkan, memodifikasi, membuat, menambahi, mengurangi, memperbaiki, mengembangkan kemampuan, dan  memperluas pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) dan kemampuan keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kuantitatif, instrumen penelitiannya berupa tes yang terdiri dari pretest dan postest. Hasil penelitiannya yaitu ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran 3N terhadap keterampilan menulis puisi.

Keywords


Metode pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi); Keterampilan menulis puisi; mata pelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Nugroho. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis LMS Moodle dan Bersistem Pembelajaran Adiptif SMA kelas XI. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Surabaya: Program Pascasarjana UNESA. Rozak, A. dan Wardina. (2014). “Pengaruh Teknik 3N (Niteni, Nirokke, dan Nambahi) Ki Hajar Dewantara terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa”. Jurnal Logika. Vol XI, No.4, pp. 25-40. http://www.fkipunswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/1 54. Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widyamartaya, Al. dan Veronica Sudiati. 1997. Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo. Wirawan. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Surabaya: Program Pascasarjana UNESA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.