PENGGUNAAN KBBI ONLINE DAN KAMUS SAKU PADA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS IV

Febrianita Putri Solihah, Anang Santoso, Alif Mudiono

Abstract


Dalam proses membaca, secara umum siswa kelas IV masih kesulitan dalam memaknai bacaannya. Hal ini dikarenakan siswa menemukan kosakata baru yang belum diketahui artinya. Kemudian siswa akan berusaha mencari tahu arti kata tersebut dengan menanyakan setiap kata yang tidak dimengerti pada guru. Guru memberikan jawaban secara langsung tanpa membimbing siswa untuk menduga, mencari, dan memahami arti kosakata baru tersebut dengan mandiri. Selain itu, siswa yang bertanya saja yang hanya memperhatikan penjelasan dari guru, sedangkan siswa yang lain banyak yang tidak memperhatikan. Guru pun juga tidak memperhatikan apakah siswa benar-benar yakin memahami apa yang disampaikan guru atau hanya sekedar menyimak. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan sumber KBBI online serta kamus saku dalam membimbing siswa memahami setiap konteks bacaan. Tujuannya untuk mengatasi masalah dalam membaca pemahaman siswa berkaitan dengan teknik guru dalam membimbing siswa memahami bacaan. Melalui program ini, hasil penerapan program diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar. Dalam pelaksanaan pembelajara membaca ini, dibutuhkan fasilitas dan terdeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan.

Keywords


sumber belajar; KBBI Online; kamus saku; membaca dan menulis

Full Text:

PDF

References


Boliti, S. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako, 2 (2), 12-23. doi:download.portalgaruda.org/article/php. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015. Buku Saku. Diakses dari http://kamusbahasaindonesia.org/. Permadi, A. 2015. Strategi Pemanfaatan Smartphone sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun 2015/2016. Sosialitas, 5 (2), 1-8. doi: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/6917/4722. Spodek, B.L. dan Olivia S. 1987. Right from The Start Teaching Children Three to Eight. Boston: Allyn and Bacon Inc. Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah. Jamzuri. Rahardjo, Dwi Teguh. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1), 164-172. doi: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784/1277. Suyono. 2007. Dimensi,Jenjang, dan Asesmen Perilaku Berliterasi Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (2), 69-75. Suyono.2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Bahasa dan Seni, 37 (2), 203-217.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.