Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
SOCIAL NETWORK SITES (SNS) DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS | Menur | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

SOCIAL NETWORK SITES (SNS) DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS

Dewi Menur, Punaji Setyosari, Saida Ulfa

Abstract


Perkembangan teknologi sangat berpengeruh pada proses belajar mengajar pada abad 21. Berbagai macam teknologi yang digunakan dari perangkat keras maupun perangkat lunak.. Social network sites (SNS) merupakan perkembangan dari teknologi berbasis web yang digunakan oleh berbagai macam kalangan masyarakat. Dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa menggunakan berbagai social network sites. Social network sites memberikan wadah komunikasi dari berbagai kalangan masyarakat dipenjuru dunia dengan menggunakan jaringan internet. Sangat disayangkan apabila teknologi social network sites yang menjadi gaya hidup para remaja pada saat ini tidak dimanfaatkan dalam konteks pembelajaran. Perkembangan social network sites dapat menarik siswa untuk belajar dengan sendirinya seperti mengeksplore ide, gagasan, perasaan, dan emosi. Sehingga siswa mempunyai ketertarikan menulis pada social networking sites yang sudah tersedia, khususnya instagram. Instagram merupakan social network yang dapat menggungah foto pada profil pengguna dan mengupdate status dengan bahasa yang diinginkan si pengguna. Kasus seperti ini, dapat membantu pembelajaran dalam keterampilan menulis bahasa inggris. Kalangan siswa mempunyai ketertarikan dalam mengunggah dan mengupdate status dari aktivitas dan pengalaman menarik mereka. Sehingga social network sites yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung praktik siswa terkait keterampilan menulis bahasa inggris. Semakin siswa melatih dan mempraktikan bahasa inggris dengan memanfaatkan social networking sites, maka keterampilan dan pengetahuan bahasa inggris akan semakin baik secara berulangulang, serta memiliki pengalaman dalam menulis. Selain itu, social network sites juga mendukung aktivitas pembelajaran  dalam keterampilan menulis secara formal maupun informal sesuai dengan konteks yang mereka unggah

Keywords


Social Network Sites; Instagram; Kemampuan Menulis; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Budge, K. (2017). Objects in Focus: Museum Visitors and Instagram. Wiley Periodicals, Inc , Volume 60 Number 1. Filimonov, K., Russmann, U., & Svensso, J. (2016). Picturing the Party: Instagram and Party Campaigning in the 2014 Swedish Elections. SAGE Journals , 111. Gustina, H. (2015). Korelasi Media Sosial Instagram dengan Presentasi Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau. Jom FISIP Volume 2 No. 2 . Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di SMKN 1 Bone Raya Kab. Bone Bolango Provinsi Gorontalo). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , Volume 4, Nomor 2 : Agustus 2016. Maryani. (2016). Media Sosial dan Dunia Pendidikan . Mason, R., & Rennie, F. (2008). E-Learning and Social Networking Handbook: Resources for Higher Education. New York: Routledge. Zappavigna, M. (2016). Social media photography: construing subjectivity in Instagram images. SAGE Journals , Vol. 15(3) 271–292.

Sekolahtinggi. (2015). Apa Sih Penertian Dari Bahasa Inggris Itu?. http://www.sekolahbahasainggris.com/apa-sih-pengertian-dari-bahasainggris-itu/ diakses pada tanggal 20 April 2017. http://kbbi.web.id/ diakses pada tanggal 20 April 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.