PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY VIDEO KARTUN PADA MODUL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs WAHID HASYIM 2 MALANG

Agus Arifin Wijaya, Sihkabuden Sihkabuden, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan suplemen pembelajaran pada modul berupa video kartun berteknologi Augmented Reality yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Wahid Hasyim 2 Malang. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Sadiman untuk mengembangkan Augmented Reality Video Kartun. Adapun langkah-langkah tersebut meliputi; (1) Analisa kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) Perumusan tujuan (3) Pengembangan materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah (6) Produksi (7) Tes/uji coba. Hasil pengembangan telah divalidasikan dengan hasil, ahli media 98%. dinyatakan valid,  ahli materi 100% dinyatakan valid,  dan hasil uji coba perseorangan 90%, uji coba kelompok kecil 93,67% dan uji coba lapangan 96,33% dinyatakan valid. Dengan demikian suplemen pembelajaran pada modul berupa video kartun berteknologi Augmented Reality ini dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Augmented Reality; Video Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta. Bahari, A. 2010. Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Untuk SMP. (Online), (http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate18263-Chapter1pdf.pdf), diakses 19 Januari 2016 Ispranoto, T. 2015. Bentrok, Pelajar SMP Tewas Terkena Lemparan Batu. (Online), (http://news.okezone.com/read/2015/10/13/525/1231320/bentrok -pelajar-smp-tewas-terkena-lemparan-batu), diakses 25 Februari 2016. Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya. Martono, K. T. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. (online), (http://jsiskom.undip.ac.id/ index.php/jsk/article/viewFile/13/13) , diakses 20 Februari 2016 Molenda, M. & Boling, E. 2008. Creating. Dalam Michael Molenda dan Al Januszewski (Ed.), Educational Technology A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha ESA Presiden Republik Indonesia. (Online), (http://sindiker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf), diakses 20 Januari 2016. Universitas Negeri Malang, 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Majalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Cetakan ke5. Malang: Biro Administrasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.