MENGKONTRUKSI PENGETAHUAN PENDIDIK MELALUI KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS GURU MENGGUNAKAN PERSPEKTIF INFORMATIKA

Yulias Prihatmoko, Bambang Suprapto Bayu Pasific

Abstract


Pengembangan pembelajaran sistem blended mengedepankan bagaimana terjadi komunikasi antara sumber belajar dan pebelajar melalui teknologi komunikasi web. Pendidik sebagai sumber belajar dan pebelajar memerlukan aplikasi komunikasi menggunakan teknologi komunikasi dengan menghubungkan berbagai gadget alat informasi dan komunikasi untuk menguatkan keilmuan pedagogi. Metode pengembangan menggunakan prinsip informatika dengan membangun teknologi komunikasi digital dengan menyiapkan aplikasi sebagai pengiriman dan penerima informasi dalam berbagai bentuk data suara, data, teks dan gambar dalam sebuah komunitas pengguna berbantuan cloud computing.Hasil pengembangan memiliki spesifikasi sebagai sistem transmisi digital yang mampu menyediakan: (1) Tingkat pengiriman informasi yang lebih tinggi, (2) Perpindahan informasi yang lebih banyak, (3) Peningkatan nilai guna komunitas pendidik (4) Tingkat kesalahan yang lebih rendah dibanding sistem analog.

Keywords


sumber belajar; sistem blended; cloud computing

Full Text:

PDF

References


Alatas, dan Pannen, (2005). Instructional Design and program Mopping. SEAMOLEC: Jakarta. Arikunto. Suharsimi dan Jabar. Cepi SA. 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Elektronikan kedua. PT Bumi aksara. Jakarta Chuo, T.B. (2005) Interactive E- leraning Activities to Engage Learners: A Simple Classification. Paper presented at the World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications 2005. Chepi, (2003). Media Pembelajaran. Jurusan kurikulum dan Teknologi endidikan Universitas Pendidikan Indonesia Davidson. Geyle. dan Karen. Rasmussen. 2006. Web-Based Learning Desain, Implementation dan Evaluation. Pearson Education Ltd. New Jersey Lee. William W. dan Diana L. Owens. 2004. Multimedia-Based Instructional Design. Edisi kedua. Peffieer.San Francisco Medgil, Sohan. (et.all).1986.Multicultural Education. London : the Falmer Press. Ikhtisar

Moore. Gery W..1983. Developing And Evaluating Aducational Research. Litle Brown and Company. Boston Toroto. Oliver, R. Et Herrington, J. (2001). Teaching and learning online: A beginner's guide to elearning and e-teaching in higher education. Mt Lawley, WA: Edith Cowan University. Oliver, R. (2001). Learning objects: supporting flexible delivery of flexible learning. In (G. Kennedy, M. Keppell, C. McNaught &t T. Petrovic (Eds.) Meeting at the crossroads: Proceedings of ASCILITE 2001, (pp 453-460). Melbourne: The University of Melbourne. Pannen, (2005). Pengembangan E- (earning: Antara Mitos don Kenyataan. SEAMOLEC: Jakarta. Purbohadi (2006), dwijoko. Pengaruh penggunaan cms dengan model belajar aktifdalam rangka peningkatkan prestasi studipada mata kuliah teknik kendali dasar. Makalah Seminar Nasional TIK. Jurusan teknik elektro, fakultas teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Rusmanto (2005). Membangun web cepat dan Mudah dengan Mambo Open Source. Dian Rakyat. Jakarta Rusmanto (2007). IGOS Nusantara, dian Rakyat. Jakarta Santoso, (2005). E-learning: Belajor Kapan Saja, Dimana Saja. Universitas Indonesia: Jakarta. Suyanto, (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing.Andi Offset. Yogyakarta. Suyanto, (2005). Mengenal E- learning. http://www.asep- hs.web.uQm.ac.id Seels. Barbara B. dan Rita C. Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasan. Association for Education Communications and Technology dengan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia. Jakarta Sudijono. Anas. 2000. Pengantar Statistik Pendidikan. Elektronikan Kesepuluh. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kulitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung Suryabrata. Sumadi. 1998. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta Tayibnapis. Farida Y.2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. PT Rineka Cipta. Jakarta Uno. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Bumi Aksara. Jakarta. Witey, D. A. (2000). Connecting learning objects to instructional design theory: A definition, a metaphor, and a taxonomy. In D. A. Wiley (Ed.), The instructional use of learning objects. Bloomington, IN: Association for Educational Communications and Technology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.