Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
PEMANFAATAN GAME PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU ASESMEN FORMATIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR | Putri | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

PEMANFAATAN GAME PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU ASESMEN FORMATIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Vinolia Perdana Putri, Sulton Sulton, Abd. Qohar

Abstract


Pada proses pembelajaran saat ini, kegiatan belajar tidak lagi berpusat pada guru (teacher centre) tetapi guru harus kreatif ketika menyajikan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Disamping itu, penggunaan teknologi komputer dalam proses pembelajaran semakin meningkat sehingga menunjang proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Saat ini komputer tidak hanya digunakan sebagai media pembelajaran tetapi juga dapat digunakan untuk membantu proses asesmen. Kegiatan asesmen dapat membantu guru untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dengan melaksanakan assesmen guru memiliki pedoman yang jelas dalam menindak lanjuti hasil pembelajaran siswa. Asesmen juga dapat memberikan informasi pada siswa tentang kemajuan belajarnya sehingga siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya. Asesmen yang digunakan untuk memberikan informasi berupa umpan balik kepada guru dan siswa adalah asesmen formatif. Salah satu model asesmen formatif yang dapat dilakukan yaitu dalam bentuk permainan atau game pembelajaran berbasis komputer. Game pembelajaran berbasis komputer memilik tujuan untuk menyediakan lingkungan dan fasilitas belajar serta untuk melatih kemampuan dan kreativitas siswa. Selain itu, game pembelajaran berbasis komputer memiliki sifat yang menarik, sehingga game pembelajaran berbasis komputer dapat digunakan sebagai alat bantu asesmen formatif untuk memotivasi semangat dan meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Pembelajaran di SD; Asesmen Formatif; Game Pembelajaran Berbasis Komputer

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bull, J. & McKenna, C. 2004. Blueprint for Computer Assisted Assessment. Loughborough: Loughborough University. Cowie, B. & Bell, B. (2002). A model of formative education in science education. Assessment in education. Darmawan, D. 2011. Tekonologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Gladwin, R. 2003. Getting Started with Computer Assisted Assessment Using Computers to Design and Deliver Objective Tests. LTSN Physical Sciences Departement of Chemistry University of Hull.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kusairi, S. 2012. Analisis Asesmen Formatif Fisika SMA Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (online), (http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=5226 0), diakses tanggal 15 April 2017. Latuheru, J. D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajara Mengajar Masa Kini, “Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan”. Jakarta: DEPDIKBUD DIKTI. Marin, D.R.P. 2004. Automatic Evaluation of Users Short Essays by Using Statistical and Shallow Natural Language Processing Techniques. Master’s thesis: Universidad Autonoma de Madrid. Poerwadarminta, W. J. S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Popham, W. J. (2008). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know, Boston: Allyn and Bacon. Sadiman. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Sanders, D.H. 1985. Computer Today. New York: McGraw-Hill. Scheuermann, F. & Pereira, A.G. 2008. Towards A Research Agenda on ComputerBased Asessment. Italy: European Communities. Sukini. 2012. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kelas Rendah dan Pelaksanaannya. Magistra, 82(24) : 59-69. Susilana, R. & Riyana, C. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi. Uno, B. & Lamatenggo, N. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Zhang, J. 2005. Using Computer to Facilitate Formative Assesment of Open-Ended Written Assiggnments. Thesis: Massey University, Palmerston North, New Zealand.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.