OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUDIO-VISUAL DALAM KOMPETENSI KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS

Sebastianus Menggo

Abstract


Adaptasi para praktisi pendidikan merupakan haluan strategis dalam mendorong eksistensi profesi dan ketercapaian kompetensi peserta didiknya. Esensi sikap adaptif tersebut tentu bermuara pada ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Ketika instruktur pembelajaran menampilkan konsep ketercapaian kompetensi maka reformasi pembelajaran yang ditawarkan kepadanya menjadi opsi yang mutlak tak terkecuali instruktur pemelajaran bahasa Inggris. Menampilkan kompetensi komunikatif yang proporsional merupakan orientasi dari pembelajaran bahasa Inggris pada era sekarang. Proporsionalitas kompetensi komunikatif  dalam suatu tuturan merupakan tuntutan mutlak bagi setiap penutur dalam  kegiatan berbahasa dalam pelbagai situasi. Representasi tersebut merupakan citra  identitas personal dalam menampilkan satuan lingual secara berterima dalam suatu komunitas bahasa tertentu. Setiap leksikon yang diujarkan  dapat menuntun mitra tuturnya memahami pelbagai intensi yang ada dalam benak sang penutur. Namun, menampilkan semua komponen-komponen mikro dan  makro dalam suatu ujaran perlu didukung oleh media yang tepat. Menemukan celah yang tepat antara  competence dan performance dalam suatu kompetensi komunikatif perlu ditopang oleh sikap adaptif dari sang penutur terhadap komponen-komponen yang diperlukan dalam suatu tindak tutur yang dimaksud (Menggo, 2017: 110). Makalah ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena optimalisasi penggunaan teknologi audio-visual pada ketercapaian kompetensi komunikatif bahasa Inggris. Media audio-visual merupakan suatu “kehausan akut" dalam menopang ketercapaian kompetensi komunikatif bahasa Inggris yang dimaksud. Teknologi ini sebagai mesin penggerak cerdas dan daya penyimbang yang mumpuni dalam  menstimulasi gairah warga belajar dalam  memproduksi ujaran secara berterima. Setiap penutur dapat memperoleh asesmen kompetensi komunikatif yang lebih komprehensif serta bermuara pada ekspektasi akan ada feedback dari asesmen yang diberikan dengan mengandalkan asas objektivitas yang tinggi. Penutur diarahkan untuk mereffleksikan kadar proporsionalitas tersebut baik komponen mikro (akurasi pelafalan, kelancaran, sintaksis, vokabulari, dan kemampuan menginterpretasi pesan) maupun komponen makronya (ketepatan konteks dan kompetensi strategi)

Keywords


asesmen; proporsionalitas kompetensi komunikatif; teknologi audiovisual

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada. Barbara, Johnstone. ( 2010). Dell Hymes and the Ethnography of Communication. Carnegie Carnegie Mellon University Press. Brown, D, H. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Addison Wesly Longman Inc. Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a Second or Foreign Language (Third Edition). New York: Heinle&Heinle, Ltd. Halliday, MAK dan Hasan, Ruqaiyah. (1994). Bahasa, Konteks, dan Teks: AspekAspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Hymes. D. (1974). Foundation of Sociolinguistics: An Ethnography Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania Press. Kemampuan Bahasa Inggris di Indonesia Rendah. (http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/21320318). Diunduh tanggal 22 April 2017. Menggo, Sebastianus. (2017). Budaya Lonto Léok dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Dalam proceeding of The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. 2017: 722-730. ISNN 2549-5607. Surakarta: Muhammadiah University. Mckay, Penny. (2007). Assessing Young Language Learners. Cambridge: Cambridge University Press. Larsen-Freeman, D. (2003). Techniques and Principles in Language Teaching (Second Edition). Oxford: Oxford University Press. Richards, Jack and Theodore Rodgers. (2002). Approaches and Methods in Language Teaching. (second Edition). Cambridge: Cambridge University Press. Yassaei. S. (2012). Using Original and Sound Effect to Teach English. English Teaching Forum, 1: 12-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.