PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK CETAK SEMI DIGITAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK SISWA KELAS I SD

Arshy Al Maidah, Punaji Setyosari, Dedi Kuswandi

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Bahan ajar untuk siswa sekolah dasar pada umumnya didominasi oleh penggunaan bahan cetak berupa buku pelajaran, baik dari pemerintah maupun dari berbagai penerbit. Pemanfaatan bahan cetak atau buku pelajaran ini, sebenarnya belum mampu mewadahi perbedaan dan keunikan di antara peserta didik, terutama perbedaan dalam minat, bakat, kemampuan dan kecerdasan. Namun, seiring berjalannya waktu menyebabkan terjadinya perubahan pola pikir. Kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi berdampak pada meluasnya cakupan penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Pesatnya perkembangan teknologi telah menghadirkan beragam inovasi sumber, media, dan bahan ajar. Tidak hanya bahan ajar cetak, penggunaan berbagai media pembelajaran berbantuan teknologi kini sering dihadirkan dalam proses pembelajaran di kelas. Bahan ajar cetak semi digital 3D berbasis multiple intelligence ini merupakan salah satu bentuk inovasi bahan ajar yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Keunggulan dari bahan ajar cetak semi digital 3D berbasis multiple intelligence ini adalah 1) konten dalam bahan ajar disusun dan dikembangkan dengan berlandaskan pada pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) siswa, 2) bahan ajar ini menerapkan sentuhan teknologi melalui pemanfaatan digital 3D untuk mendukung penyajian konten atau materi.

Keywords


Bahan Ajar Tematik; Multiple Intelligences; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Armstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas Edisi Ketiga. Jakarta: Indeks. Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Campbell, L., Campbell, B., Dickinson, D. 2007. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Intuisi Press. Fadlillah, M. & Khorida, L.M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-RUZZ Media. Gardner, H. 2003. Multiple Intelligences; Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik. Batam: Interaksara. Marrison, G. S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Alih bahasa: Suci Romadhona & Apri Widiastuti). Jakarta: PT Indeks. Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. . 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. (Alih bahasa: Drs. Marianto Samosir). Jakarta: PT Indeks. Sujiona, Y. N. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.