EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Faricha Azizah, Fitri Br Ginting, Robbi Suraida Utami

Abstract


Penilaian kegiatan bimbingan dan konseling disekolah adalah segala upaya, tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program Bimbingan Konseling dengan mengacu pada kriteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program Bimbingan Konseling yang dilaksankan. Penilaian merupakan langkah penting dalam manajemen program bimbingan. Tanpa penilaian tidak mungkin kita dapat mengetahui dan mengidentifikasi keberhasilan pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang telah direncakan. Penilaian program Bimbingan Konseling merupakan usaha untuk menilai sejauh mana pelaksanaan program itu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu model evaluasi program layanan konseling adalah model jembatan akuntabilitas. Model evaluasi program jembatan akuntabilitas dikembangkan oleh Astramovich dan Coker (2007). Model evaluasi program jembatan akuntabilitas ini digunakan di Las Vegas (Astramovich & coker, 2007). Model jembatan akuntabilitas merupakan kerangka kerja yang dikembangkan dapat membantu memfasilitasi keduanya yaitu melakukan evaluasi program dan mengkomunikasikan hasil. Model jembatan akuntabilitas dirancang untuk membantu konselor sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilian terhadap efektivitas dan dampak layanan mereka. Model jembatan akuntabilitas dibagi dalam dua siklus kejadian. Siklus pertama adalah siklus evaluasi program konseling dan siklus kedua adalah siklus evaluasi konteks konseling yang mewakili perbaikan terus-menerus terhadap layanan berdasarkan hasil. Sedangkan Pedoman Evaluasi Komprehensif Developmental Program Bimbingan dan Konseling, South Carolina Departement of Education Columbia, South Carolina dalam pengembangan program yand dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Organizing (mengorganisir), Planning (perencanaan), Designing (merancang/ Perancangan), Implementing (pengimplikasian/ pelaksanaan), Evaluating (mengevaluasi). Karena evaluasi program sangat penting maka In-Service Training dapat dilakukan untuk membantu konselor dalam meningkatkan keterampilan dalam melakukan evaluasi. Sehingga program dapat berjalan dengan maksimal.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats