IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PUKULAN BACKHAND TENIS MAHASISWA JURUSAN ILMU KEOLAHRAGAAN SEMESTER IV
Abstract
penelitian tindakan kelas dengan mengimplementasikan metode
pembelajaran reciprocal berbantuan feedback visual untuk meningkatkan
hasil belajar keterampilan pukulan backhand tenis mahasiswa ilmu
keolahragaan semester IV ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar mahasiswa. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa semester IV Jurusan Ilmu Keolahragaan, yang memprogram
matakuliah permainan tenis lapangan semester genap tahun akademik
2009/2010 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan obyeknya adalah aktivitas,
hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran yang
diimplementasikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi, observasi
dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
bahwa aktivitas belajar mahasiswa tergolong cukup aktif, serta rerata hasil
belajar backhand tenis atas sebesar 52,64, dengan ketuntasan belajar secara
klasikal 35,71%, Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II meningkat
dibandingkan dengan siklus I seperti yang ditunjukkan oleh perolehan
berikut. Aktivitas belajar mahasiswa tergolong sangat aktif. Sedangkan
rerata hasil belajar backhand tenis adalah 74,3 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal 75%, passing bawah adalah 74,82 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal 100%, Kendala utama yang dihadapi dalam penelitian ini
adalah dibutuhkan kemampuan gerak yang baik dalam
mengimplementasikan pendekatan pembelajaran ini. Mahasiswa
menyambut dengan sangat positif model pembelajaran yang
diimplementasikan.
pembelajaran reciprocal berbantuan feedback visual untuk meningkatkan
hasil belajar keterampilan pukulan backhand tenis mahasiswa ilmu
keolahragaan semester IV ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar mahasiswa. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa semester IV Jurusan Ilmu Keolahragaan, yang memprogram
matakuliah permainan tenis lapangan semester genap tahun akademik
2009/2010 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan obyeknya adalah aktivitas,
hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran yang
diimplementasikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi, observasi
dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
bahwa aktivitas belajar mahasiswa tergolong cukup aktif, serta rerata hasil
belajar backhand tenis atas sebesar 52,64, dengan ketuntasan belajar secara
klasikal 35,71%, Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II meningkat
dibandingkan dengan siklus I seperti yang ditunjukkan oleh perolehan
berikut. Aktivitas belajar mahasiswa tergolong sangat aktif. Sedangkan
rerata hasil belajar backhand tenis adalah 74,3 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal 75%, passing bawah adalah 74,82 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal 100%, Kendala utama yang dihadapi dalam penelitian ini
adalah dibutuhkan kemampuan gerak yang baik dalam
mengimplementasikan pendekatan pembelajaran ini. Mahasiswa
menyambut dengan sangat positif model pembelajaran yang
diimplementasikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.