MANAJEMEN KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA (BIO) DI SMA EKS KARESIDENAN SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menemukan kebenaran
tentang perencanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA
Eks Karesidenan Surakarta (2) untuk menemukan kebenaran tentang
pengorganisasian kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta (3) untuk menemukan kebenaran tentang
pelaksanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta (4) untuk menemukan kebenaran tentang
pengawasan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1
Klaten, SMA Negeri 1 Wonogiri, SMA Negeri 1 Slogohimo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan secara
trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian
kualitatif lebih menekankan makna daripada general. Hasil penelitian ketiga
SMA di Eks Karesidenan Surakarta yang menjadi obyek penelitian
membuat perencanaan sebelum melaksanakan program kelas khusus bakat
istimewa olahraga terutama peserta didik, kurikulum dan fasilitas.
Pengorganisasian kelas khusus BIO semua sekolah mempunyai struktur
organisasi kepengurusan dengan tugas dan kewajiban pada setiap bidang
didalamnya dengan dikomando dari ketua program kelas BIO. Tim dalam
perencanaan dan penyusunan kelas khusus BIO melibatkan kepala sekolah,
waka dibidang kurikulum, ketua program kelas BIO, FIK UNY, Dinas
Pendidikan Kabupaten dan KONI Kabupaten. Di dalam pelaksanaannya
terutama perekrutan siswa kelas BIO di SMA Muhammadiyah 1 Klaten
yang seharusnya mengunakan sistem keterampilan fisik dari FIK UNY
belum terlaksana dengan baik dikarenakan minat siswa untuk masuk kelas
BIO masing kurang. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan adalah
mengenai pembinaan cabang olahraga tidak bisa dilaksanakan dikarenakan
cuaca tidak mendukung jalannya kegiatan kelas BIO dilapangan. Sedangkan
untuk ketersedian fasilitas terutama prasarana, beberapa cabang olahraga
masih menyewa. Pengawasan dilakukan oleh ketua program kelas BIO dan
pihak dari dinas pendidikan secara terjadwal. Kesimpulan bahwa
manajemen kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga di 3 sekolah sudah
cukup baik, hanya masih adanya kendala didalam pelaksanannya yang perlu
diperbaiki.
tentang perencanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA
Eks Karesidenan Surakarta (2) untuk menemukan kebenaran tentang
pengorganisasian kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta (3) untuk menemukan kebenaran tentang
pelaksanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta (4) untuk menemukan kebenaran tentang
pengawasan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks
Karesidenan Surakarta. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1
Klaten, SMA Negeri 1 Wonogiri, SMA Negeri 1 Slogohimo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan secara
trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian
kualitatif lebih menekankan makna daripada general. Hasil penelitian ketiga
SMA di Eks Karesidenan Surakarta yang menjadi obyek penelitian
membuat perencanaan sebelum melaksanakan program kelas khusus bakat
istimewa olahraga terutama peserta didik, kurikulum dan fasilitas.
Pengorganisasian kelas khusus BIO semua sekolah mempunyai struktur
organisasi kepengurusan dengan tugas dan kewajiban pada setiap bidang
didalamnya dengan dikomando dari ketua program kelas BIO. Tim dalam
perencanaan dan penyusunan kelas khusus BIO melibatkan kepala sekolah,
waka dibidang kurikulum, ketua program kelas BIO, FIK UNY, Dinas
Pendidikan Kabupaten dan KONI Kabupaten. Di dalam pelaksanaannya
terutama perekrutan siswa kelas BIO di SMA Muhammadiyah 1 Klaten
yang seharusnya mengunakan sistem keterampilan fisik dari FIK UNY
belum terlaksana dengan baik dikarenakan minat siswa untuk masuk kelas
BIO masing kurang. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan adalah
mengenai pembinaan cabang olahraga tidak bisa dilaksanakan dikarenakan
cuaca tidak mendukung jalannya kegiatan kelas BIO dilapangan. Sedangkan
untuk ketersedian fasilitas terutama prasarana, beberapa cabang olahraga
masih menyewa. Pengawasan dilakukan oleh ketua program kelas BIO dan
pihak dari dinas pendidikan secara terjadwal. Kesimpulan bahwa
manajemen kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga di 3 sekolah sudah
cukup baik, hanya masih adanya kendala didalam pelaksanannya yang perlu
diperbaiki.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.