PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR DALAM PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING

Akbar Rohmad Aulia

Abstract


Review ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan
tentang pembelajaran akuatik dalam pendidikan jasmani olahraga dan
Kesehatan, dengan tujuan khusus: 1) untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pembelajaran aktivitas akuatik (air) yang ada di negara
Indonesi, 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran
aktivitas akuatik (air) yang ada di negara Hongkong China, 3)
menganalisis perbandingan kurikulum dan mekanisme bagaimana
pelaksanaan pembelajaran aktivitas akuatik (air) yang ada di negara
Indonesia dan di negara Hongkong China, 4) untuk mengetahui
manfaat dari olahraga renang bagi kesehatan tubuh manusia.
Mengamati tujuan dari hasil keluaran siswa atau lulusan dari hasil
kurikulum, kurikulum 2013 yang paling ditonjolkan adalah
memunculkan sikap aktif dari siswa sehingga setelah masa sekolahnya
siswa dapat berpikir aktif dan kreatif. Pada kurikulum hongkong, hal
yang diutamakan adalah sebuah gaya hidup aktif dan sehat. Dengan
demikian, sekolah harus merumuskan "kebijakan sekolah yang sehat"
untukmendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik
secara teratur dan menjaga diet seimbang sehinggauntuk mengurangi
risiko Non-Communicable DiseasesNCD. Dengan budaya hidup sehat
dan beraktifitas fisik seperti olahraga renang yang mempunyai banyak
manfaat maka kualitas hidup manusia akan lebih meningkat dan lebih
produktif, karena saat berenang semua anggota tubuh bergerak dan
posisi tubuh horizontal di permukaan air.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.