PARADIGMA PENDIDIKAN JASMANI YANG BERKARAKTER

Johan Kalpirtanata

Abstract


Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik. (Depdiknas, 2003:06) Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi.
Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotor, kognitif, dan afektif setiap siswa. Adapun Tujuan Pendidikan Jasmani adalah : a) meletakkan landasan karakter yang kuat melalui internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani, b) membangun landasan kepribadian yang kuat, c) menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugastugas pembelajaran d) Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, 16 percaya diri, dan, e) mengembangkan
keterampilan gerak dan keterampilan teknik serta strategi berbagai
permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan, senam, aktivitas ritmik,
akuatik (aktivitas air) an pendidikan luar kelas (outdoor education), f)
mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat g) mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, h) mengetahui dan memahami konsep aktivitas jasmani, i) mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang  bersifat rekreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.