EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BOLAVOLI DI SMPN 16 MALANG DENGAN PENDEKATAN DESCREPANCY EVALUATION MODEL

Denny Pradana

Abstract


Tujuan model evaluasi diskripensi ini adalah untuk mengetahui
tingkat kesenjangan program meningkatkan keterampilan teknik dasar
passing bawah bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan
Kesehatan di kelas VIII D SMP Negeri 16 Malang dengan menggunakan
metode bermain dengan tujuan awal program yang ditetapkan. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriftif
kuantitatif dan kulitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan
menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 16
Malang sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah setelah
dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan permainan.
Pembelajaran dengan pendekatan permainan dilakukan dalam dua siklus,
yaitu tiga pertemuan disiklus pertama dan tiga pertemuan disiklus kedua.
Tingkat keberhasilan siswa pada siklus pertama sebanyak 78%, pada siklus
kedua sebanyak 87%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah
dengan penerapan pembelajaran dengan pendekatan permainan dapat
meningkatkan keterampilan passing bawah siswa kelas VIII D SMP Negeri
16 Malang. Jadi tidak ada kesenjangan antara hasil yang didapat dengan
tujuan program karena terdapat peningkatan keterampilan passing bawah
siswa SMP Negeri 16 Malang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.