PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN BUDAYA HIDUP SEHAT PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES
Abstract
Menjadi kaya dan sehat adalah keinginan semua orang tetapi
bagaimana caranya itulah yang penting. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perubahan ekonomi yang disertai perubahan gaya hidup (life style). Salah satu perubahan gaya hidup (life style) modern yang kurang sehat adalah kurangnya jam tidur istirahat, kurangnya aktivitas fisik (olahraga), dan minimnya pengetahuan pola makan dan minum yang baik dan benar. Kesibukan “duniawi” seringkali menyebabkan orang menjadi kurang gerak, disertai stress yang dapat mengundang berbagai penyakit non-infeksi. Khususnya bagi orang yang tidak melakukan olahraga atau tidak menjalankan
pola hidup sehat. Akibatnya timbul penyakit yang diakibatkan dari gaya hidup
yang tidak sehat tersebut, dan penyakit tersebut mempunyai sifat tersendiri
yaitu,penyakit kronis, penyakit akut dan penyakit non-akut. Melalui
Penjasorkes pada lembaga pendidikan tingkat sekolah diharapkan budaya
gaya hidup sehat muncul sejak dini pada siswa. Berbagai model pendekatan
pembelajaran diterapkan untuk menamkan perspektif hidup sehat pada siswa.
Diantaranya adalah dengan Problem Based Learning yang terdapat pada
kurikulum K13, Pendekatan pembelajaran ini dipusatkan kepada masalahmasalah
yang disajikan oleh guru dan siswa menyelesaikan masalah tersebut
dengan seluruh pengetahuan dan keterampilan mereka dari berbagai sumber
yang dapat diperoleh.
bagaimana caranya itulah yang penting. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perubahan ekonomi yang disertai perubahan gaya hidup (life style). Salah satu perubahan gaya hidup (life style) modern yang kurang sehat adalah kurangnya jam tidur istirahat, kurangnya aktivitas fisik (olahraga), dan minimnya pengetahuan pola makan dan minum yang baik dan benar. Kesibukan “duniawi” seringkali menyebabkan orang menjadi kurang gerak, disertai stress yang dapat mengundang berbagai penyakit non-infeksi. Khususnya bagi orang yang tidak melakukan olahraga atau tidak menjalankan
pola hidup sehat. Akibatnya timbul penyakit yang diakibatkan dari gaya hidup
yang tidak sehat tersebut, dan penyakit tersebut mempunyai sifat tersendiri
yaitu,penyakit kronis, penyakit akut dan penyakit non-akut. Melalui
Penjasorkes pada lembaga pendidikan tingkat sekolah diharapkan budaya
gaya hidup sehat muncul sejak dini pada siswa. Berbagai model pendekatan
pembelajaran diterapkan untuk menamkan perspektif hidup sehat pada siswa.
Diantaranya adalah dengan Problem Based Learning yang terdapat pada
kurikulum K13, Pendekatan pembelajaran ini dipusatkan kepada masalahmasalah
yang disajikan oleh guru dan siswa menyelesaikan masalah tersebut
dengan seluruh pengetahuan dan keterampilan mereka dari berbagai sumber
yang dapat diperoleh.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.