PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA & KESEHATAN

Angga Bramansta Putrantana

Abstract


Artikel ini membahas konseptual pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional pada pendidikan jasmani, olahraga & kesehatan. Di era yang modern sekarang ini, banyak anak lebih menyukai teknologi alat-alat canggih dibandingkan dengan permainan tradisional, ini akan berdampak pada interaksi sosial dan karakter pada anak. Permainan tradisional merupakan aktivitas fisik yang memiliki keunikan dibanding dengan cabang-cabang olahraga yang lain. Kendala yang sering terjadi pada pembelajaran permainan tradisional adalah kurang kreatifnya guru dalam merancang permainan atau melakukan modifikasi permainan tradisional menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan aman yang tidak menyebabkan siswa menjadi cepat bosan dan guru juga jarang memberikan permainan tradisional saat aktivitas pembelajaran, padahal dengan permainan tradisional salah satu cara membangun karaktera siswa. Pada saat bermaian anak merasa senang, secara tidak langsung rasa senang tersebut merupakan media anak untuk belajar perkembangan kemampuan seportif, jujur, ulet, sabar dan terampilan motorik lain. Dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan kerjasama dalam permainan satu tim, yang kelak diperlukan anak-anak ketika sudah dewasa dalam dunia kerja. Disinilah peran penting permainan tradisional, saat anak melakukan permainan tradisional secara tidak sadar anak sudah belajar tentang karakter seperti karakter ramah, peduli, sabar dan seterusnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.