KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha manusia untuk menjadi
manusia seutuhnya. Pendidikan jasmani bagi masyarakat Indonesia sudah
jelas bahwa merupakan bagian yang tidak bias dipisahkan dari upaya
pembangunan manusia seutuhnya. Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan merupakan salah mata pelajaran yang ada pada setiap jenjang
pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani ada beberapa faktor
yang mempengaruhi keberhasilan pendidikannya, antara lain: guru, siswa,
sarana prasarana, lingkungan pendidikan dan kurikulum. Guru merupakan
salah faktor dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah yang
menempati kedudukan yang sangat penting tanpa mengabaikan faktor
penunjang lainnya. Kinerja seorang guru pendidikan jasmani di sekolah
diwujudkan melalui kemampuannya dalam mendidik, mengajar dan melatih para peserta didik dalam proses pembelajaran. Indikator kinerja guru pendidikan jasmani adalah membuat perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP), kegiatan inti pembelajaran yang terdiri dari penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kelas, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara ketertiban murid, penilaian proses dan hasil belajar atau biasa disebut dengan evaluasi formatif sumatif, serta penggunaan bahasa yang baku agar dipahami oleh siswa. Apabila kinerja guru pendidikan jasmani di lakukan sesuai di atas, maka mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
manusia seutuhnya. Pendidikan jasmani bagi masyarakat Indonesia sudah
jelas bahwa merupakan bagian yang tidak bias dipisahkan dari upaya
pembangunan manusia seutuhnya. Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan merupakan salah mata pelajaran yang ada pada setiap jenjang
pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani ada beberapa faktor
yang mempengaruhi keberhasilan pendidikannya, antara lain: guru, siswa,
sarana prasarana, lingkungan pendidikan dan kurikulum. Guru merupakan
salah faktor dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah yang
menempati kedudukan yang sangat penting tanpa mengabaikan faktor
penunjang lainnya. Kinerja seorang guru pendidikan jasmani di sekolah
diwujudkan melalui kemampuannya dalam mendidik, mengajar dan melatih para peserta didik dalam proses pembelajaran. Indikator kinerja guru pendidikan jasmani adalah membuat perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP), kegiatan inti pembelajaran yang terdiri dari penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kelas, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara ketertiban murid, penilaian proses dan hasil belajar atau biasa disebut dengan evaluasi formatif sumatif, serta penggunaan bahasa yang baku agar dipahami oleh siswa. Apabila kinerja guru pendidikan jasmani di lakukan sesuai di atas, maka mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.