EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH
Abstract
Dalam pembelajaran bola voli, guru hanya fokus terhadap gerak
dasar dan tidak memperhatikan permainan apa yang dapat diterapkan,
khususnya dalam pembelajaran teknik passing bawah. Oleh karena itu,
siswa akan cepat bosan dalam menerima pembelajaran. Salah satu metode
pembelajaran yang dapat direrapkan sambil bermain adalah metode Team-
Games-Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh metode pembelajaran Team-Games-Tournament
(TGT) terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli.
Peneliti mengambil populasi siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung
yang berjumlah 39 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah seluruh populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes NCSU (Volleyball Skill Test Battery). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian setelah diterapkan Metode Team-Games-Tournament (TGT) dalam mengikuti pembelajaran bola voli umumnya memiliki peningkatan keterampilan dalam passing yang cukup baik, dilihat dari signifikan 0.000<0.5 dan berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata-rata yang dilakukan pada kelas sebelum dan sesudah diterapkan Team-Games-Tournament (TGT) didapatkan t hitung = 9.27 > t tabel = 1.69. Maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Team-Games- Tournament (TGT) terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli.
dasar dan tidak memperhatikan permainan apa yang dapat diterapkan,
khususnya dalam pembelajaran teknik passing bawah. Oleh karena itu,
siswa akan cepat bosan dalam menerima pembelajaran. Salah satu metode
pembelajaran yang dapat direrapkan sambil bermain adalah metode Team-
Games-Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh metode pembelajaran Team-Games-Tournament
(TGT) terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli.
Peneliti mengambil populasi siswa kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung
yang berjumlah 39 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah seluruh populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes NCSU (Volleyball Skill Test Battery). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian setelah diterapkan Metode Team-Games-Tournament (TGT) dalam mengikuti pembelajaran bola voli umumnya memiliki peningkatan keterampilan dalam passing yang cukup baik, dilihat dari signifikan 0.000<0.5 dan berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata-rata yang dilakukan pada kelas sebelum dan sesudah diterapkan Team-Games-Tournament (TGT) didapatkan t hitung = 9.27 > t tabel = 1.69. Maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Team-Games- Tournament (TGT) terhadap keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.