ANALISIS PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CSE-UCLA EVALUATION MODEL
Abstract
Pada pelaksanaan pendidikan yang bermutu pastinya ada pendukung yang mewujudkan tercapainya pembangunan sumber daya manusia yang bermutu. Dalam dunia pendidikan sering dipahami tentang evaluasi yaitu hanya terbatas pada penilaian saja. Evaluasi tidak hanya
berurusan pada nilai yang diukur berdasarkan penyelesaian soal-soal, tetapi evaluasi program pendidikan akan mengkaji banyak faktor. Dengan
demikian evaluasi program perlu diperkenalkan kepada seluruh pendidik,
karena evaluasi sangat penting dalam pengembangan mutu pendidikan.
Dalam ilmu evaluasi program pendidikan, ada banyak model yang
dipergunakan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program khususnya
program pendidikan. Salah satu model yang digunakan dalam pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengertian, model evaluasi CSE-UCLA dan menganalisis serta membahas program pembelajaran PJOK berdasarkan pendekatan CSE-UCLA. Evaluasi model CSE-UCLA menekankan pada kapan evaluasi dilakukan. Pada hasil penelitian yang relevan dengan pendekatan evaluasi model CSE UCLA bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan juga erat sekali dengan kedisiplinan administrasi maupun waktu, untuk itu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus mampu mengadministrasikan segala kegiatan pembelajarannya yang berupa daftar hadir, agenda mengajar dengan baik.
berurusan pada nilai yang diukur berdasarkan penyelesaian soal-soal, tetapi evaluasi program pendidikan akan mengkaji banyak faktor. Dengan
demikian evaluasi program perlu diperkenalkan kepada seluruh pendidik,
karena evaluasi sangat penting dalam pengembangan mutu pendidikan.
Dalam ilmu evaluasi program pendidikan, ada banyak model yang
dipergunakan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program khususnya
program pendidikan. Salah satu model yang digunakan dalam pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengertian, model evaluasi CSE-UCLA dan menganalisis serta membahas program pembelajaran PJOK berdasarkan pendekatan CSE-UCLA. Evaluasi model CSE-UCLA menekankan pada kapan evaluasi dilakukan. Pada hasil penelitian yang relevan dengan pendekatan evaluasi model CSE UCLA bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan juga erat sekali dengan kedisiplinan administrasi maupun waktu, untuk itu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus mampu mengadministrasikan segala kegiatan pembelajarannya yang berupa daftar hadir, agenda mengajar dengan baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.