EKONOMI KREATIF DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Nanik Sri Muhartini, Wahjoedi Wahjoedi, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Pendidikan dengan memahami dan menghafal perlu diimbangi dengan pembelajaran pengembangan kreativitas. Seseorang dapat mengolah dan memaksimalkan potensi kreativitasnya melalui pengalaman nyata dan interaksi sosial. Pembelajaran yang diharapkan dapat memberi pengalaman peserta didik dalam menciptakan ide dan menghasilkan produk berupa barang atau jasa kreatif yang bernilai ekonomi dan layak jual. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya ekonomi kreatif dan pembelajarannya di SMA. Melalui studi literatur, pembelajaran ekonomi kreatif memiliki banyak manfaat dan perlu diajarkan di SMA. Pembelajarannya melalui praktek secara langsung dengan cara peserta didik aktif di sektor ekonomi kreatif. Praktek/penerapan ekonomi kreatif di SMA sangat mungkin dilakukan berdasarkan metodologi pendidikan ekonomi kreatif. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang proses pembelajaran ekonomi kreatif di SMA sebagai gambaran secara teknis pelaksanaan pembelajarannya sehingga dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran ekonomi kreatif di sekolah lain dengan kondisi yang hampir sama.

Keywords


pembelajaran;kreativitas;ekonomi kreatif;SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.