KONSEP PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI LOKAL KABUPATEN SITUBONDO DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA PADA SISWA

Rizki Febri Eka Pradani, Wahjoedi Wahjoedi, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam kurikulum 2013 membekali siswa dengan kemampuan kewirausahaan dalam sektor nyata sehingga siswa tidak hanya mampu menghasilkan ide kreatif tetapi dapat menghasilkan dalam bentuk purwarupa dan pemasarannya.. Aspek pengolahan usaha ini dapat dimulai dari pengolahan potensi lokal yang dimiliki oleh masing-masing daerah sehingga akan tercipta ide kreatif dari siswa yang akan diwujudkan dalam bentuk nyata yang nantinya dapat mengangkat nama daerah dengan pengolahan potensi lokalnya. Salah satu potensi lokal Kabupaten Situbondo yang paling dominan adalah sumber daya alam diantaranya hasil tangkapan ikan laut yang mencapai  2.000 ton/hari. Dengan potensi lokal yang dimiliki Kabupaten Situbondo alangkah baiknya direalisasikan dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada sekolah menengah, dengan harapan generasi muda dapat memberikan kontribusi dalam memajukan daerah dengan kreatifitasnya berwirausaha. Pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang dapat dilakukan sesuai dengan potensi lokal Kabupaten Situbondo ini yaitu pada strand yang terkandung dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan salah satunya adalah pada strand pengolahan.

Keywords


Pembelajaran Prakarya ; Kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.