PERAN PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL YANG BERKEPEDULIAN DALAM MEMBENTUK ORIENTASI MASA DEPAN SISWA

Ratna Nurmasari, Hari Wahyono, Agung Haryono

Abstract


Pendidikan merupakan suatu aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan menjadi kebutuhan dasar untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia dibentuk mulai dari lingkungan keluarga. Pendidikan ekonomi informal yang diberikan orang tua, memberikan pemahaman dan penerapan konsep ekonomi untuk anak. Bentuk hasil belajar dalam proses pemberian pendidikan ekonomi informal kepada anak adalah adanya perubahan sikap dan tingkah laku yang sesuai dengan perilaku ekonomi yang rasional dan peduli terhadap orang-orang disekitar. Kepedulian terhadap orang sekitar yang membutuhkan merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki anak agar tidak bertindak egois yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Sikap dan perilaku yang terbentuk akan mempengaruhi bagaimana pola pikir untuk menyusun dan merancang masa depannya. Dengan diberikan pendidikan ekonomi informal yang berkepedulian, di masa yang akan datang anak akan berperilaku ekonomi yang rasional dan peduli dengan keadaan disekitarnya. Jadi tidak serta merta melakukan berbagai cara untuk mencapai kepuasan sendiri. Namun, orang tua menginginkan anak dapat menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama terutama orang yang tidak mampu agar tercipta kesejahteraan bersama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan.

Keywords


orientasi masa depan; pendidikan informal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.