INTERNALISASI NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai kewirausahaan pada siswa SMA dengan melihat rangkaian proses yang dilakukan guru pada saat praktik pembelajaran dan melihat peran organisasi (sekolah) dalam mendukung proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada siswa. Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif fenomenologi ini dilaksanakan di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Didapatkan hasil bahwa proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu dilakukan melalui pembelajaran intrakurikuler dalam kelas dan ekstrakurikuler dalam laboratorium kewirausahaan.. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan materi yang telah disesuaikan dan model pembelajaran yang lebih mengarah pada capaian aspek afeksi. Kegiatan ekstrakurikuler pada laboratorium dilakukan sepanjang waktu, di luar pembelajaran di kelas. Lingkungan sekolah dan yayasan berperanan penting dengan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkn siswa pada laboratorium kewirausahaan serta kegiatan pendidikan dan pelatihan yang mendukung internalisasi nilai-nilai kewirausahaan.
Keywords
internalisasi, nilai kewirausahaan; deskriptif kualitatif; fenomenologi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.