PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Geografi merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang harus dikuasai oleh siswa. Pembelajaran geografi penting untuk mengembangkan siswa yang belum aktif, belum memiliki ketrampilan bertanya, kurang memahami maksud dari materi dan siswa kurang menghubungkan antara apa yang siswa pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA. Subyek penelitian siswa kelas X yang berjumlah 14 siswa. Pelaksanaan siklus melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data kualitatif diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran berupa hasil observasi dan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan setiap kali pemberian tindakan berakhir. Data kuantitaif dianalisis secara statistika sederhana yaitu prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 69,93%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71,29%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Sumber belajar ; Pemanfaatan Lingkungan; Berpikir krits
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.