ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN EKONOMI DAN UPAYA MENGATASINYA

Okka Lifia Anggi Surya, Mit Witjaksono, Sugeng Hadi Utomo

Abstract


Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, sekaligus berupa pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Kurikulum disusun secara nasional di indonesia, dengan tujuan agar setiap warga negara di manapun ia bersekolah, mempunyai kesempatan memperoleh kompetensi yang sama. Di bidang kurikulum, guru harus benar-benar memahaminya, mampu mengembangkanya dan menjadikanya sebagai pedoman proses belajar mengajarnya. Keberhasilan lulusan sangat tergantung kepada isi kurikulum dan efektifitas pelaksanaanya. Pentingnya peranan guru dalam keberhasilan peserta didik maka hendaknya guru mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada dan meningkatkan kompetesinya sebab guru pada saat ini bukan saja sebagai pengajar tetapi juga sebagai pengelola proses belajar mengajar. Tujuan penulisan ini adalah pada analisis untuk mencari kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, dan upaya dalam mengatasi kesulitanya. Untuk menjadikan guru lebih siap dan memahami lebih dalam lagi tentang Kurikulim 2013 supaya tujuan pendidikan nasional dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Keywords


Kesulitan guru; implementasi kurikulum 2013; upaya mengatasinya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.