PERANCANGAN ACCOUNTING BOARD GAME (ABG) UNTUK BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang
akuntansi, khususnya pada penerapan konsep-konsep pembelajaran siklus akuntansi perusahaan
jasa dan dagang melalui simulasi dalam game. Artikel ini akan memaparkan secara umum ide
dibalik pengembangan game, dan proses pengembangannya. Dari review literatur dapat
disimpulkan bahwa ABG sangat layak untuk dikembangkan karena akan berdampak positif bagi
pembelajaran, memberikan efek menyenangkan,meningkatkan motivasi, dan mendorong
keterlibatan siswa. ABG sangat sesuai jika dikembangkan mengikuti konsep gamification dengan
metode hybrid yang merupakan gabungan dari model ADDIE dan Scrum
akuntansi, khususnya pada penerapan konsep-konsep pembelajaran siklus akuntansi perusahaan
jasa dan dagang melalui simulasi dalam game. Artikel ini akan memaparkan secara umum ide
dibalik pengembangan game, dan proses pengembangannya. Dari review literatur dapat
disimpulkan bahwa ABG sangat layak untuk dikembangkan karena akan berdampak positif bagi
pembelajaran, memberikan efek menyenangkan,meningkatkan motivasi, dan mendorong
keterlibatan siswa. ABG sangat sesuai jika dikembangkan mengikuti konsep gamification dengan
metode hybrid yang merupakan gabungan dari model ADDIE dan Scrum
Keywords
gamification; board game; pendidikan; siklus akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.