PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PENGAJARAN EKONOMI BERWAWASAN INDONESIA

Nadya Sheematha Uno, Wahjoedi Wahjoedi, Agung Haryono

Abstract


Inovasi dalam media pembelajaran dapat dihadirkan secara langsung dihadapan siswa khususnya untuk mata pelajaran ekonomi. Inovasi inibertujuan untukmelatih siswa dalam mengenal lingkungan sosial disekitarnya sehinggasiswa mampu berpikir secara rasional, logis, sistematis, kritis, kreatif.Siswa juga diharapkandapat beradaptasi pada berbagai situasi dan kondisi. Penerapan pembelajaran ekonomi menekankan pada aspek pengetahuan dan pengalaman yang dapat secara langsung dirasakan oleh siswa.Dalam hal inidibutuhkan peran pendidikan ekonomi untuk memberi literatur yang menjadi sumber materi pembelajaran ekonomi. Materi pembelajaran inimeletakkan dasar pemikiran yang sesuai dengan demokrasi ekonomi Pancasila dan UUD 1945 demi membentuk serta melahirkan SDM pelaku ekonomi Indonesia yang berkualitas, berdaya saing, dan bangga berperilaku ekonomi yang berjati diri Indonesia. Pemanfaatanmultimedia pembelajaran ekonomi dapat menyajikan konsep dan keterampilandalam berekonomi yang sesuai dengan nilai ekonomi Indonesia. Kelebihan multimedia interaktifdalam menjelaskan suatu konsep dapat menuntut siswa bereksplorasi dan menganalisis materi yang dipelajari sehingga siswa dapat membangun struktur pemahaman dalam diri mereka. Integrasiyang dijalankan antar komponen seperti suara, teks, animasi, gambar/grafik, dan video telah melibatkan siswa secara auditif, visual, dan kinetik. Integrasi ini berfungsi untuk mengoptimalkan peran indera dalam menerima informasi ke dalam sistem memorisehingga informasi atau pesannya mudah dimengerti. Oleh sebab itu, perlu ditekankan bahwa penggunaaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif di sekolah dapat
memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dalam mengembangkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah ekonominya. Hal ini kemudian melandasi pentingnya pendeskripsian
penggunaan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ekonomi agar sekolah lain yang belum melakukan kegiatan yang sama dapat mencontoh untuk diaplikasikan pula di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau memaparkan bagaimana implementasi multimedia pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi secara kualitatif. Jenis penelitian kualitatif inimemaparkan kejadian yang nyata terjadi dalam konteks sehari-hari tanpa dimanipulasi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca serta mempelajari berbagai jurnal ilmiah, buku, website serta sumber baca lainnya demi memperoleh kerangka teori yang dapat menjadi landasan penelitian ini. Setelah data terkumpul, data kemudian diolah dan diklasifikasikan sesuai kode yang telah ditentukan untuk mempermudah analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasekolah yang memanfaatkanpembelajaran multimedia dalam mata pelajaran ekonomi terbukti meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


media pembelajaran; multimedia; ekonomi berwawasan Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.