PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SEMESTER 1 KELAS X SMA DDI MASALEMBU
Abstract
Tujuan penelitian ini, untuk menghasilkan perangkat pembelajaran modul mata pelajaran
ekonomi berbasis pendekatan kontekstual dan menguji keefektifannya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan desain pengembangan Borg & Gall (1983) dengan tahapan tertentu (research and information collecting, planning, develop
preliminary form of product, field testing, dan final product revision). Subjek cobanya, meliputi:
ahli desain dan materi, validator soal, observer, siswa dan guru. Data dikumpulkan melalui
analisis observasi, wawancara, analisis isi, analisis soal dan dokumentasi. Desain quasi
eksperiment (Non-Equivalent Control Group Design) digunakan dalam uji lapangan dengan
sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t, selanjutnya dianalisis
secara deskriftif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian, yaitu: (1) ahli desain dan materi menilai kevalidan perangkat modul sebesar 71% dan 93% dengan kriteria cukup dan sangat valid, (2) peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 25.75% dan kelas eksperimen sebesar 43.40%, (2) terdapat perbedaan proses belajar kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 74.74% dan 42.48%, dan (3) terdapat perbedaan proses dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan 0.00 ≤ α 0.05. Keefektifan pembelajaran modul karena, memiliki; (a) input: modul mapel ekonomi kontekstual, panduan modul, dan instrumen penilaian (b) proses: strategi pembelajaran, dan (c) output; penilaian pengetahuan, keterampilan, dan penilaian sikap siswa. Sedangkan keefektifan hasil belajarnya, karena: (a) menggunakan instrumen dan (b) menghasilkan laporan belajar.
ekonomi berbasis pendekatan kontekstual dan menguji keefektifannya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan desain pengembangan Borg & Gall (1983) dengan tahapan tertentu (research and information collecting, planning, develop
preliminary form of product, field testing, dan final product revision). Subjek cobanya, meliputi:
ahli desain dan materi, validator soal, observer, siswa dan guru. Data dikumpulkan melalui
analisis observasi, wawancara, analisis isi, analisis soal dan dokumentasi. Desain quasi
eksperiment (Non-Equivalent Control Group Design) digunakan dalam uji lapangan dengan
sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t, selanjutnya dianalisis
secara deskriftif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian, yaitu: (1) ahli desain dan materi menilai kevalidan perangkat modul sebesar 71% dan 93% dengan kriteria cukup dan sangat valid, (2) peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 25.75% dan kelas eksperimen sebesar 43.40%, (2) terdapat perbedaan proses belajar kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 74.74% dan 42.48%, dan (3) terdapat perbedaan proses dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan 0.00 ≤ α 0.05. Keefektifan pembelajaran modul karena, memiliki; (a) input: modul mapel ekonomi kontekstual, panduan modul, dan instrumen penilaian (b) proses: strategi pembelajaran, dan (c) output; penilaian pengetahuan, keterampilan, dan penilaian sikap siswa. Sedangkan keefektifan hasil belajarnya, karena: (a) menggunakan instrumen dan (b) menghasilkan laporan belajar.
Keywords
modul mata pelajaran ekonomi; materi kontekstual; proses pembelajaran; hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.