PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI SISWA SEKOLAH DASAR

Laurentius Saptono, Ery Tri Djatmika, Hari Wahyono, Sri Umi Mintarti

Abstract


Literasi ekonomi telah menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Setiap hari semua orang membuat keputusan ekonomi atau keputusan lainnya yang memiliki dampak secara ekonomi. Keputusan ekonomi yang dibuat oleh setiap orang idealnya dilakukan secara rasional dan mempertimbangkan skala prioritas pemenuhan kebutuhannya. Untuk mencapai hal itu sejak anak menempuh jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), mereka perlu mendapatkan pendidikan ekonomi yang cukup dan tepat. Upaya tersebut telah lama dilakukan secara serius di banyak negara maju, sedangkan di Indonesia tampak nyata bahwa pendidikan ekonomi di SD belum mendapatkan perhatian yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pembenahan pendidikan ekonomi di SD yang setidaknya mencakup: peningkatan kapasitas guru kelas tentang literasi ekonomi, pengembangan kurikulum dan sumber-sumber belajar, peningkatan kapasitas siswa sebagai pembelajar ekonomi, dan peninjauan kurikulum calon guru SD.

Keywords


literasi ekonomi; kurikulum; pendidikan ekonomi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.