DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI PEMBELAJARAN EKONOMI SMA

Indra Darmawan, sri Umi Mintarti Widjaya, Hari Wahyono, Ery Tri Djatmika

Abstract


Literasi ekonomi akan meningkatkan kompetensi individu saat membuat keputusan pribadi ataupun sosial terhadap berbagai pilihan/permasalahan ekonomi yang dihadapi seseorang. Realitanya banyak siswa SMA tidak memahami tentang istilah ekonomi, konsep-konsep dasar ekonomi yang penting untuk memahami suatu peristiwa ekonomi, dan berbagai permasalahan ekonomi di media massa. Permasalahan utama terletak pada bekal pengetahuan siswa yang rendah. Para guru juga mulai kehilangan variasi dalam hal penyampaian materi ajar ekonomi kepada para siswanya. Strategi yang sering digunakan adalah diskusi kelas namun tidak selalu menunjukkan keberhasilan meski guru telah berupaya dan mendorong siswa untuk berpartisipasi. Kebanyakan siswa lebih menyukai berperan sebagai “penonton” sementara kelas dikuasai oleh beberapa siswa saja. Para siswa juga cenderung menjadi lebih individualistis dalam meraih prestasi belajar di sekolah. Untuk menjawab permasalahan tersebut perlu dikembangkan desain pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi siswa terhadap materi ekonomi sekaligus menjawab permasalahan semakin individualisnya para siswa saat ini. Desain pembelajaran cooperative learning yang dikembangkan dengan didasarkan pada falsafah homo homini socius akan membawa siswa pada interaksi kerjasama dengan sesama untuk mencapai tujuan pendidikan dalam suasana yang menyenangkan. Pengembangan desain pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) dengan memanfaatkan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan tersebut. Desain pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam berinteraksi dengan teman sekelasnya. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini akan dapat membuat siswa mencapai hasil prestasi belajar yang memuaskan tanpa menjatuhkan teman yang dianggap pesaing, bahkan mereka dapat berkolaborasi untuk kebaikan bersama.

Keywords


pembelajaran kooperatif, teka-teki silang; prestasi belajar; keterampilan sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.